Berita

Balitbangatan BPTP NTB ikut berpartisipasi dalam Jambore PKK NTB

Pin It

Tim Penggerak PKK NTB melaksanakan Jambore PKK Tingkat Provinsi selama 3 hari (13-15/3/2020) di Kawasan Wisata Mandalika Kuta, Kabupaten Lombok Tengah. Gubernur NTB membuka secara resmi acara Jambore pada Jum’at malam (15/3/2020).  Acara Jambore dimeriahkan dengan berbagai kegiatan di antaranya pameran, Seminar PKK dan kirab Kader PKK se kabupaten/kota di NTB.

Pada hari kedua Sabtu, 14/3/2020 Stand Pameran Balitbangtan BPTP NTB menampilkan berbagai informasi hasil pengkajian teknologi pertanian melalui media cetak, TV dan tampilan tanaman sayuran seperti cabe, sawi, dan terong. Selain  itu pengunjung stand mencoba hasil olahan BPTP NTB  seperti arem-arem jagung, bronis jagung, es krim ubi ungu, ayam taliwang dan ayam raring KUB, termasuk  nasi dari varietas unggul baru Inpari IR Nutizinc. Pengunjung mendapatkan benih terong dan cabe yang dapat ditanam di halaman rumah mereka. 

Dr. Ulyatu Fitrotin (peneliti BPTP NTB) menyampaikan bahwa dalam  menjalankan tugas pelayanan dan desimnasi  hasil kajian teknologi pertanian  kepada masyarakat salah satunya adalah melalui pameran. Hasil olahan yang diperkenalakan  kepada pengunjung merupakan diversifikasi pangan berbasis sumber karbohidrat lokal. 

Dalam Kesempatan pelaksanaan seminar bagi kader PKK dihadiri oleh Ketua PKK Provinsi  NTB, Ketua PKK kota/kabupaten se NTB bersama anggotanya masing-masing. Materi utama yang menarik perhatian peserta adalah sosialisai dan cara pencegahan Virus Corona.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB sebagai salah seorang narasumber menghimbau agar tidak mempercayai berita hoax tentang Virus Corona karena informasinya harus satu pintu yautu bersumber dari Dinas Kesehatan.  Kadis Kesehatan juga mengharapkan agar masyarakat  sering mencuci tangan, memakai masker pada saat  sakit dan membuangnya di tempat sampah selasai menggunakan, menutup mulut pada saat batuk dan bersin, mengurangi kegiatan di tempat terbuka yang melibatkan banyak orang serta selalu menjaga tubuh agar tetap sehat. (M. Faesal Matenggomena, SP)

 

Web Analytics