Berita

Bimtek Teknologi Benih Produksi Jagung Hibrida di IP2TP Sandubaya

Pin It

Bimbingan Teknis  (Bimtek) teknologi produksi benih jagung hibrida yang dilaksanakan oleh  Balitbangtan BPTP NTB Selasa 10/3/2020 dalam rangka peningkatan kapasitas petani sebelum menerapkan teknologi pada lahannya. Bimtek diselenggarakan di Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi  Pertanian  (IP2TP)  Sandubaya,  Pringgabaya Lombok Timur.  Peserta yang hadir berjumlah 50 orang terdiri dari petugas lapang, petani, dan siswa PKL.  Selain itu, hadir pula Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lombok Timur, Kepala BPSB Provinsi NTB, Peneliti dan Penyuluh BPTP NTB.

Kepala Distanbun Lombok Timur, H. Muhammad Abad pada sambutannya menyampaikan  bahwa petani perlu menerapkan teknologi dengan tepat dan benar agar produksinya meningkat. Selain itu diharapkan generasi muda di bidang pertanian dapat lebih berperan dimasa mendatang.  Perlu motivasi untuk mengembangkan pertanian yang maju mandiri dan moderen.  Kegiatan  Bimtek sebagai sarana untuk memberikan motivasi kepada petani milinial yang memiliki cita-cita menjadi petani  moderen”, tambah Kadis Lotim.

Sambutan Kadis Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lombok Timur mengharapkan kepada peserta Bimtek untuk bisa menerapkan teknologi budidaya dengan tepat sehingga bisa meningkatkan produksi/hasil komoditas jagung.  Selain itu ada kekhawatiran bahwa dimasa sekarang ini anak-anak muda sebagai penerus kurang tertarik untuk terjun kedunia pertanian karena dianggap kurang menjanjikan, mereka membutuhkan dorongan dan motivasi. Dengan adanya kegiatan Bimtek seperti ini tentunya bisa meningkatkan wawasan dan pengetahuan petani untuk berbuat lebih baik.

Kepala BPTP NTB Dr. Ir. Awaludin Hipi, MSi sebagai narasumber menyampaikan bahwa untuk menghasilkan benih yang bermutu maka kita harus menerapkan komponen teknologi produksi benih secara maksimal termasuk teknologi jagung hibrida. Komponen teknologi yang diterapkan dimulai  dari pemilihan benih bermutu sampai dengan teknologi panen serta pasca panen. (M.F Matenggomena)

Web Analytics