Berita

Introduksikan Teknologi Pakan Lamtoro Untuk Kembangkan Peternakan Sapi Di Dompu

Pin It

Model scalling up atau pemasalan teknologi merupakan salah satu langkah diseminasi teknologi yang dilakukan oleh Balitbangtan BPTP NTB. Upaya perbaikan sistem pemeliharaan sapi dengan mengintroduksi teknologi pakan untuk meningkatkan kualitas sapi di Kabupaten Dompu. Hijauan pakan yang direkomendasikan adalah legume pohon   tahan kekeringan, sesuai dengan karakteristik lahan dan iklim di daerah Dompu.

Saat ini penanaman Lamtoro sedang giat dilakukan di wilayah binaan UPTD Kecamatan Hu'u, dengan memanfaatkan air di musim hujan. Distribusi bibit lamtoro kepada peternak dan masyarakat yang bersedia menanam hijauan pakan untuk usaha ternak sapi mereka. Bibit lamtoro ini telah disemai sejak bulan Oktober oleh tim di UPTD didampingi tenaga teknis lapangan dari BPTP NTB. 

Lamtoro Taramba merupakan legume pohon untuk pakan ternak yang memiliki kualitas nutrisi yang baik.  Selain itu,  dapat berfungsi sebagai tanaman konservasi karena perakarannya yang cukup dalam, baik untuk mengikat air, menyuburkan tanah, mengurangi efek rumah kaca dan menciptakan iklim mikro di sekitar lokasi tanaman.

Melalui kerja sama project Indobeef ACIAR yang dikerjakan oleh Balitbangtan BPTP NTB dan UNRAM scaling up bersama Dinas dan UPTD di Kabupaten Dompu menjadi strategi diseminasi yang efektif untuk memasalkan teknologi ini, dengan harapan  dapat diadopsi secara luas oleh seluruh peternak yang ada di Kabupaten Dompu, bahkan kabupaten di sekitarnya. (Rahmatullaila, Susan)

Web Analytics