Berita

Balitbangtan BPTP NTB Kembangkan Kedelai Biosoy

Pin It

Dalam rangka mendorong peningkatan produktivitas kedelai dan penggunaan varietas dengan potensi hasil tinggi, Balitbangtan BPTP NTB sedang dalam proses introduksi teknologi varietas unggul baru (VUB). Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS) sedang melakukan penggembangan benih kedelai Biosoy kelas  FS.

Kedelai Biosoy adalah salah satu VUB produk Badan Litbang Pertanian yang memiliki potensi hasil 3.3 t/ha dengan ukuran biji lebih besar dari  biji kedelai Varietas Grobogan maupun  Anjasmoro. Sehingga berpotensi memiliki produksi lebih tinggi 20% dari potensi hasil varietas Grobogan.

Pendampingan tanam pada kegiatan produksi benih telah dilaksanakan tim UPBS yang terdiri  : peneliti, penyuluh dan teknisi BPTP.  Lokasi penanaman di Dasan Geria Kabupaten Lombok Barat. Saat ini kondisi pertumbuhan baik, biji yang ditanam telah berkecambah.

Penanaman pada musim penghujan diharapkan bisa mengejar  produksi benih untuk ditanam pada musim berikutnya, sehingga bisa terus didiseminasikan dengan luas dan memberikan peningkatan produksi kepada petani kedelai di NTB sehingga berdampak pada peningkatan produksi kedelai nasional. (Rahmatullaila)

Web Analytics