Berita

BPTP NTB Menyiapkan Benih Inpari IR Nutri Zink Untuk Dikembangkan

Pin It

Pengembangan  padi varietas Inpari Nutri Zinc  telah dimulai  bersama Tim BB Padi, PT. Pertani diawali dengan melakukan  survey lapangan 18-19 Februari 2020.

  1. Hasil koordinasi dengan Distanbun  Prov NTB (Kabid Tanaman Pangan Bpk Edi Purwo Asbianto), bahwa  Program padi kaya gizi/Inpari  IR Nutri Zinc  akan segera dimulai untuk wilayah NTB seluas 1.300 ha yang berlokasi di  4 wilayah Kabupaten Lombok Barata  300 ha, Lombok Timur  500 ha, Dompu 200 ha,  dan Bima 300 ha  Kondisi per tanggal  18 Februari 2020  CPCL yang sudah ada yaitu Lombok Barat  dan Kabupaten Bima.  Penanaman perdana akan dilaksanakan di Lombok Timur pada bulan Maret/April seluas 100 ha. Target Distanbun Provinsi NTB adalah Program diharapkan   selesai penanaman sampai bulan  September 2020.
  2. Hasil koordinasi dengan Diperta Kabupaten Lombok Timur, berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kabid Tanaman Pangan, bahwa untuk penanaman  perdana akan di laksanakan di Kecamatan Sukamulia dan Suralaga. Dalam rangka sosialisasi pengembangan varietas Inpari IR  Nutri Zinc perlu penyebaran leaflet dan  bahan dukung lainnya agar memudahkan petugas di lapangan saat pelaksanaan sosialisasi.
  3. Berdasarkan respon Diskes Prov NTB (Sekretaris Dinas) pada dasarnya siap memberikan dukungan terhadap pengembangan padi  Inpari IR Nutri Zinc.  Diskes akan memberikan dukungan dengan memberikan  sosialisasi   pada kegiatan Posyandu, selanjutnya  perlu tindak lanjut setelah  koordinasi perdana ini. Selanjutnya dapat dikomunikasikan dengan  Bpk M. Johan Kepala Seksi  

Hasil koordinasi dengan  Dinas Sosial Provinsi NTB, bahwa pada prinsipnya Dinas mendukung terhadap rencana pengembangan padi Inpari IR Nutri Zinc. Bansos  telah digelontorkan olehPemda NTB kepada  72.000 KK, setiap bulan senilai Rp.150.000/KK dalam bentuk bantuan beras 10kg, protein nabati dan hewani. yang di tangani oleh PMK (Agen-agen) melalui BRI Link.  Saran Dinas Sosial bahwa untuk beras Inpari IR Nutri Zinc bisa di SUP kan melalui penyalur atau agen-agen yang menjadi mitra saat ini

Web Analytics