Berita

Pengembangan Varietas Inpari IR Nutri Zinc di NTB

Pin It

Senin, 17 Februari 2020 tim Laisson Officer (LO) Balai Besar Penelitian Tanaman Padi Kementan bersama PT Pertani (mitra penyedia benih) berkunjung ke Balitbangtan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian  NTB. Tujuannya untuk berkoordinasi atas kesiapan BPTP NTB dalam menyiapkan benih  untuk mengembangkan varietas Inpari IR Nutri Zinc di NTB serta mendapatkan data CPCL. Kedatangan mereka disambut oleh Kepala Balai, KSPP, dan tim produksi benih sebar Varietas Nutri Zinc BPTP NTB.

Menurut kepala Balai Dr. Ir. Awaludin MSi, kegiatan yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasi daerah-daerah banyak terdapat anak-anak dengan pertumbuhan yang kurang normal (stunting) sehingga kita dapat mengembangkan varietas Inpari Nutri Zinc.  Mungkin kita juga perlu berkoordinasi  dengan dinas kesehatan, dan dengan adanya kegiatan Kostratani kita dapat menjalin kolaborasi.

Dalam kesempatan tersebut penanggung jawab kegiatan benih sumber  BPTP NTB, Hiryana Windiyani, SP. MP menyampaikan bahwa penanaman perdana  akan dilaksanakan di Kabupaten Lombok Timur oleh Dirjen Tanaman Pangan dimana benih sumbernya dari BPTP NTB.  Pengembangan benih sebar  Nutri Zinc di NTB seluas 1300 hektar yang tersebar di Lombok Barat (300 ha), Lotim (500 ha), Dompu (200 ha) dan Bima (300 ha). (M. Faesal Matenggomena).

Web Analytics