Berita

Penandatanganan MOU dengan Lapas Terbuka

Pin It

Balitbangtan BPTP NTB menjalin kerjasama dengan Lapas Terbuka dalam berpartisipasi memberikan pembekalan bagi mereka yang telah menjalankan masa hukuman.  Ini merupakan salah satu bentuk pelayanannya kepada masyarakat melalui pembekalan pengetahuan dan pembinaan di bidang pertanian.  Kepala Balai, Kasi KSPP, Kabag TU, Koordinator Penyuluh, Penyuluh dan Peneliti ikut serta menyaksikan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Selasa (11/2/2020).  Kedatangan Kepala Lapas Terbuka Kelas IIb Lombok Tengah berserta jajarannya diterima oleh Bagian Kerjasama BPTP NTB.

Kepala Lapas  H. A Halik, S.Sos menyampaikan bahwa Lapas membutuhkan tenaga ahli  bidang pertanian untuk dapat memberikan bimbingan dan latihan tentang teknologi pertanian untuk memberikan bekal bagi napi yang akan segera dibebaskan untuk kembali ke masyarakat.  Selanjutnya Kepala Lapas menyampaikan bahwa mereka memiliki lahan untuk mengembangkan pertanian salah satu harapannya adalah Agrowisata agar masyarakat juga bisa  melihat dan menikmati.  Keterbatasan anggaran dan tenaga ahli yang tersedia maka diharapkan ada dukungan atau partisipasi BPTP NTB untuk dapat memberikan pendampingan dan pembinaan. Oleh karena itu perlu adanya  kerjasama  dengan BPTP NTB termasuk dengan stake holder lainnya.

Menanggapi hal tersbut Kepala BPTP NTB Dr. Ir. Awaludin Hipi, M.Si menyampaikan bahwa banyak teknologi hasil pengkajian yang bisa diterapkan dan bisa menjadi materi pembinaan di Lapas.  BPTP NTB akan menyiapkan tenaga ahli yang akan memberikan pelatihan sebagai bekal  untuk meningkatkan SDM guna  mendukung terbentuknya Agrowisata.  BPTP NTB  juga memiliki  benih padi, jagung, kedelai, sayuran dan mangga yang dapat diberikan.

Penandatanganan perjanjian  kerjasama antara BPTP NTB dengan Lapas Terbuka Kelas IIb dilaksanakan oleh Kepala Balai dan Kepala Lapas Terbuka, dengan penandatanganan ini diharapkan agar pelaksanaan pendampingan, dan bimbingan dapat berjalan lancar. (M. Faesal Matenggomena, SP)

Web Analytics