Berita

Mahasiswa UNSA Belajar Budidaya Kambing Boerka

Pin It

Balitbangtan BPTP NTB sedang  melaksanakan pengkajian Kambing Borka yang berasal dari Lolit Kambing Potong Sei Putih Sumatra Utara.  Kegiatan pengkajian bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sumbawa.  Kegiatan pengembangan Kambing Boerka merupakan salah satu kerjasama Balitbangtan  BPTP NTB dengan  Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa. Kegiatan ini juga menjadi tempat belajar bagi siswa dan mahasiswa yang mendalami manajemen ternak Kambing Boerka.

Jum’at (31/1/2020) sebanyak 5  Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Samawa Sumbawa Besar mengawali  PKL di kegiatan pembibitan Kambing Boerka di Karang Dima Kecamatan Labuan Badas  Sumbawa.  Mereka mempelajari  produksi dengan penerapan teknologi pemeliharaan kambing boreka spesifik lahan kering.

Menurut Peneliti BPTP NTB yang sekaligus penanggungjawab kegiatan Dr.Ir Tanda Pandjaitan menyampaikan bahwa kambing merupakan ternak yang dapat beradaptasi dengan kondisi marginal dan iklim yang keras sehingga merupakan ternak yang dianjurkan untuk dikembangkan di daerah  kering. Kambing Boerka merupakan persilangan kambing kacang dan kambing boer, yang sangat potensial  dikembangkan di wilayah kering untuk meningkatkan produksi di wilayah marginal. (M. Faesal Matenggomena)

Web Analytics