Berita

Kunjungan Pemda Kabupaten Tabanan

Pin It

Kamis, 23 Januari 2020, pejabat Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tabanan, Bali berkunjung ke Balitbangtan BPTP NTB untuk mendapatkan informasi inovasi teknologi budidaya bawang putih yang diketahui merupakan salah satu komoditi unggulan di NTB. Kedatangan  Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. I Gede Susila, S.Sos, M.Si beserta rombongan  diterima langsung oleh Kepala Balitbangtan BPTP NTB, Dr. Ir. Awaludin Hipi, M.Si.

Kepala Balitbangtan BPTP NTB pada sambutannya menyampaikan bahwa BPTP adalah UPT Badan Litbang Pertanian yang ada di setiap provinsi yang memiliki tupoksi  mendukung program pembangunan pertanian di daerah. Terkait komoditas bawang putih, Kepala Balai menyampaikan bahwa NTB akan menjadi sentra perbenihan bawang putih untuk wilayah Indonesia Bagian Timur.  BPTP NTB juga telah melaksanakan kajian-kajian perbenihan bawang putih baik untuk dataran tinggi maupun medium. Lebih lanjut, disampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Pemda Kabupaten Tabanan yang telah berkunjung ke Balitbangtan BPTP NTB.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Tabanan menyampaikan bahwa pemerintah daerah Kabupaten Tabanan bertekad untuk meningkatkan kesejahteraan petani, yang salah satunya dengan pengembangan bawang putih. Sekda Tabanan yang pernah menempuh pendidikan IPDN di NTB sudah mendengar bahwa daerah Sembalun merupakan sentra bawang putih dan telah mengetahui bahwa Balitbangtan BPTP NTB telah mendampingi petani-petani di Sembalun dalam pengembangan bawang putih. Oleh karena itu, rombongan Pemda Kabupaten Tabanan berkunjung ke BPTP NTB untuk mempelajari pengalaman BPTP NTB dalam penelitian dan pengembangan bawang putih. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan menambahkan bahwa tahun 2020 ini Kabupaten Tabanan memiliki program pengembangan bawang putih seluas 150 hektar dan potensi pengembangannya cukup luas, sehingga kunjungan ke BPTP NTB ingin mendapatkan informasi tentang teknologi budidaya bawang putih.

Di akhir sesi kunjungan tersebut, rombongan Pemda Kabupaten Tabanan mendengarkan presentasi tentang inovasi teknologi budidaya dan perbenihan bawang putih yang disampaikan oleh peneliti BPTP NTB, Dr. Moh. Nazam, SP., M.Si., dan diakhiri dengan sesi tanya jawab. (Baiq Nurul dan Rahmatullaila).

Web Analytics