Berita

Balitbangtan BPTP NTB Dampingi dan Bimtek Pertanian Masuk Sekolah

Pin It

Program Pertanian Masuk Sekolah merupakan kegiatan baru dari Kementerian Pertanian untuk mendekatkan generasi muda pada bidang pertanian dan menumbuhkan jiwa Agripreneur bagi generasi milenial sehingga mereka bisa lebih dekat dan tertarik untuk menggeluti bidang pertanian di masa mendatang. Padatahapawaluntukmasing-masing provinsi dipilih 2 sekolah yang menjadi tempat pelaksanaan program Pertanian Masuk Sekolah pada tahun 2019. Untuk Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), sekolah yang terpilih untuk melaksanakan program ini adalah SMA Negeri 1 Gunung Sari di Kabupaten Lombok Barat dan SMK Negeri 7 Mataram di Kota Mataram. Dua sekolah tersebut terpilih sebagai sekolah pelopor.

Balitbangtan BPTP NTB sebagai pendamping teknis pelaksanaan Program Pertanian Masuk Sekolah telah melaksanakan pendampingan dan bimbingan teknis (Bimtek) untuk mempersiapkan operasional kegiatan tersebut. Pada hari Rabu, 4 Desember 2019 telah dilaksanakan Bimtek di SMA Negeri 1 Gunung Sari, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat dan pada hari Kamis 5 Desember 2019, dilanjutkan di SMK Negeri 7 Mataram, Kota Mataram. Kegiatan yang dikoordinir oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB tersebut juga dihadiri oleh Tim dari Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten/Kota, BPP setempat dan pengawas dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB.

Sebagai pendamping teknis pelaksanaan Pertanian Masuk Sekolah, tim Balitbangtan BPTP NTB memberikan materi tentang inovasi teknologi budidaya tanaman hortikultura disertai dengan praktik pemilihan dan pencampuran media, proses persemaian, hidroponik sederhana, dll.Bimbingan teknis ini diikuti oleh siswa/siswi dan guru-guru di masing-masing sekolah yang akan menjadi lokasi kegiatan Pertanian Masuk Sekolah tersebut, diharapkan dengan adanya pendampingan dan bimbingan teknis ini mereka siap untuk melaksanakan program tersebut dengan sebaik-baiknya sehingga apa yang menjadi tujuan program Pertanian Masuk Sekolah dapat tercapai. Para peserta, khususnya siswa-siswi dan guru-guru pembina sangat antusias dalam mengikuti rangkaian acara bimtek yang terdiri dari teori dan praktik inovasi budidaya tanaman hortikultura tersebut (Baiq Nurul Hidayah).

Web Analytics