Berita

Wakil Bupati Lombok Tengah Launching Ayam KUB Inti

Pin It

Hari Rabu tanggal 4 Desember 2019 bertempat di Kelompok Mertak Kelebuh, Desa Tanak Rarang Kec. Praya Barat Kab. Lombok Tengah telah berlangsung kegiatan Launcing Pengembangan Model Perbibitan Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) Inti Plasma, yang diselenggarakan oleh Balitbangtan BPTP NTB dengan Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah.

Kegiatan ini merupakan wujud dukungan terhadap keberlanjutan program #Bekerja di Kabupaten Lombok Tengah dan Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka untuk pengembangan perbibitan ayam kampung jenis KUB yang diharapkan dapat menjadi sumber bibit di wilayah Kabupaten Lombok Tengah. Perbibitan ini diharapkan mampu memenuhi permintaan DOC ayam yang semakin meningkat seiring semakin dikenalnya ayam KUB di Kabupaten Lombok Tengah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil  Bupati Lombok Tengah  H.Lalu Fathul Bahri,  Kasdim 1620/Lombok Tengah, Mayor Inf Dian  Aksmyandita,  Kepala Dinas Pangan Provinsi.NTB,  Kadis Pertanian Kab. Lombok Tengah, Kepala Balitbangtan BPTP NTB Dr. Ir. Awaludin Hipi,MSi, Camat Praya Barat, Kapolsek Praya Barat, Penyuluh Pertanian se-Kab. Lombok Tengah,  Poktan Mertak Kelebuh Desa Tanak Rarang,  perwakilan Poktan tiap Kecamatan se Kab Lombok Tengah, serta Peneliti dan penyuluh Balitbangtan BPTP NTB.

Acara Launcing diawali dengan kunjungan Wakil Bupati ke kandang ayam KUB Inti dan ruang penetasan.  Acara Selanjutnya  adalah sambutan kepala Balitbangtan BPTP NTB, dalam sambutannya Dr.Awaludin Hipi menyampaikan bahwa Kementerian pertanian Republik Indonesia mempunyai  3 tujuan besar antara lain meningkatkan ketersediaan pangan untuk masyarakat Indonesia, mensejahterakan para petani dengan peningkatan produktivitas, dan Ketiga adalah Peningkatan eksport pertanian.  Ditambahkan Awaludin bahwa tahun 2020 akan dicanangkan kostratani (komando strategi pertanian) dan basisnya di tiap kecamatan,  sedangkan kostrada basisnya di kabupaten, kostrawil basisnya di provinsi, kostranas basisnya di pusat. Disampaikan Dr Awaludin bahwa Balitbangtan sudah menghasilkan beberapa varietas unggul seperti ayam KUB  yang memiliki keunggulan seperti  produksi bertelur yang tinggi bisa mencapai 180 butir per tahun dan pertumbuhan yang lebih cepat dibanding ayam lokal lainnya. Selain itu Balitbangtan BPTP NTB sudah banyak melakukan kajian - kajian dikabupaten Lombok Tengah antara lain pengkajian padi gora, Bioindustri, pengkajian sapi Bali Kerjasama dengan ACIAR,  Peningkatan IP dan lain-lain.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Bupati Lombok Tengah H.Lalu Fathul Bahri memberikan sambutan yang sekaligus melaunching Pengembangan Model Perbibitan Ayam KUB Inti.  Dalam sambutannya Lalu Fathul  menyampaikan bahwa tahun 2021 Kabupaten Lombok Tengah akan menyambut  event MOTOGP di kawasan Ekonomi  Mandalika , sehingga hal ini nantinya akan berdampak dalam meningkatnya kebutuhan bahan pokok dalam bentuk makanan.  Dikaitkan dengan hal tersebut tentunya usaha Ayam KUB ini akan menjadi komoditas yang bisa dipasarkan termasuk komoditas lainya seperti beras dan sayur. Wakil Bupati Lombok Tengah sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap akan terus ada pengkajian dan pendampingan yang dilakukan Balitbangtan BPTP NTB di Lombok Tengah demi kesejahteraan masyarakat “Kita berharap dengan berkembangnya Kabupaten  Lombok Tengah akan dapat meningkatkan generasi muda yang akan datang untuk menjadi lebih baik” demikian ditambahkan Lalu Fathul.

Acara Launching diakhiri dengan penyerahan bantuan diseminasi  benih padi dan benih kedelai serta bibit  DOC ayam KUB kepada petani  antara lain dari Desa Tanak Rarang, Setanggor, Mekar Damai dan Mertak Tombok serta 3 Poktan Peternak. (Nurul Agustini)

Web Analytics