Berita

BPTP NTB Rekomendasikan Pembagian Ayam Jadi Opsi Pengentasan Kemiskinan

Pin It

Selasa pagi 03 Desember 2019, Balitbangtan BPTP NTB mengadakan kegiatan FGD (Fokus Group Discussion) dengan tema analisis keberlanjutan program pengentasan kemiskinan berbasis bantuan komoditas ayam di NTB. FGD ini dihadiri oleh sejumlah stakeholder diantaranya perwakilan dari Dinas Peternakan Propinsi NTB, Dinas Peternakan Lombok Tengah, Kepala Desa, Kepala Dusun, Babinsa dan Babinkantibmas dari desa yang pernah mendapat Program BEKERJA (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera), serta para pendamping desa pada masa program BEKERJA di Lombok Tengah.

Dalam FGD tim analisis kebijakan dari BPTP mendiskusikan hasil evaluasi dan survey dari program BEKERJA  yang telah dilakukan di Kecamatan Praya Barat dan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. Survey telah dilakukan pada sampel RTM (Rumah Tangga Miskin) yang pernah mendapat bantuan komoditas ayam dari program #Bekerja.

Dari hasil analisis kebijakan, diketahui terdapat peningkatan pengetahuan masyarakat yang ada di Kecamatan Praya Barat dan Praya Timur yang mendapat bantuan ayam tentang bagaimana beternak ayam yang baik dan terdapat peningkatan pola konsumsi ayam di masyarakat, sehingga program ini menjadi salah satu opsi pengentasan kemiskinan di masyarakat. Pada data BPS untuk Kabupaten Lombok Tengah terdapat penurunan tingkat kemiskinan sebesar 12,13 % di Tahun 2019. (Rahmatullaila)

Web Analytics