Berita

BPTP NTB Bantu Penguatan Kelembagaan Ternak Kabupaten Sumbawa

Pin It

Hari  Kamis 28 November 2019 dilakukan pertemuan Kursus Tani dalam Rangka Penguatan Kapasitas Kelembagaan Ternak mendukung program Indobeef di NTB. Kursus tani dilaksanakan di ruang pertemuan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa. Kegiatan yang berlangsung  selama sehari ini di isi dengan pengenalan project Indobeef, materi teknis tentang peternakan dan tentang kelembagaan kelompok tani oleh narasumber dari BPTP, Universitas Mataram  dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa . 

Beberapa hal penting yang disampaikan dalam Kursus tani diantaranya, peningkatan Populasi dan produksi sapi hendaknya harus diikuti dengan peningkatan kesejahteraan petani. Peningkatan kualitas daging sapi melalui pemeliharaan intensif dan pemberian pakan yang berkualitas harusnya mampu membuat harga sapi pada posisi tawar yang tinggi. Untuk itu kelembagaan tani hendaknya diperkuat untuk saling menunjang perbaikan tersebut.

Kegiatan ini merupakan bagian dari proses scalling out program Indobeef yaitu project kerja sama Indonesia dan Australia dalam meningkatkan nilai produksi dan populasi peternakan sapi. Melalui dinas sebagai scalling institution diharapkan bisa membantu mempercepat penyebarluasan informasi teknologi dari BPTP secara efektif dan efisien.

Kursus tani diikuti oleh perwakilan kelompok ternak dari 6 kecamatan di Kabupaten Sumbawa, dimana sasaran project Indobeef yang ada di Kabupaten Sumbawa terdiri dari 3 kelompok simpul (Kelompok tempat belajar) dan 13 kelopok perluasan (kelompok sasaran penyebarluasan inovasi). (Rahmatullaila)

Web Analytics