Berita

Petani Milenial Lombok Timur Ikuti Bimtek Perbenihan dan Budidaya Padi

Pin It

Salah satu program Kementerian Pertanian pada tahun 2019 adalah peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dititikberatkan pada generasi muda pertanian yang dikenal dengan sebutan Petani Milenial. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, sebanyak 60 orang petani milenial dan penyuluh pendamping di Kabupaten Lombok Timur diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) Inovasi Teknologi Perbenihan dan Budidaya Tanaman Padi pada hari Senin, 25 November 2019 di Aula Kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan, Kabupaten Lombok Timur di Selong.

Acara Bimtek ini diselenggarakan  atas kerjasama Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) dengan Balitbangtan BPTP NTB serta Dinas Pertanian dan Perkebunan  Kabupaten Lombok Timur. Kepala BB Padi yang diwakili oleh Dr. Suprihanto selaku Kepala Bidang Kerja Sama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP) membuka secara resmi kegiatan tersebut. Dalam arahannya, Dr. Suprihanto mengemukakan bahwa kegiatan Bimtek dimaksudkan untuk mendekatkan inovasi teknologi, khususnya yang ada di BB Padi, kepada para petani milenial yang akan melanjutkan pembangunan pertanian di Indonesia. Bimtek inovasi teknologi perbenihan dan budidaya padi dilaksanakan di tujuh lokasi di Indonesia, dan salah satunya di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi NTB. Lebih lanjut, Dr. Suprihanto mengemukakan bahwa saat ini benih padi bersertifikat baru memenuhi 52% dari kebutuhan nasional, sehingga peluang petani milenial untuk menjadi penagkar benih padi sangat terbuka lebar.

Pada Bimtek Petani Milenial ini disampaikan tiga materi yang berkaitan dengan inovasi teknologi perbenihan dan budidaya padi yaitu: 1) Inovasi Teknologi Budidaya Padi Spesifik Lokasi - Budidaya Padi Modern yang disampaikan oleh Ir. Agus Guswara2) Pengendalian Hama dan Penyakit Terpadu pada Tanaman Padi yang disampaikan oleh Dr. Suprihanto serta 3) Produksi dan Sertifikasi Benih Padi Inbrida yang disampaikan oleh Aida Yuningsih, SP. Semua materi ini adalah materi utama dalam perbenihan dan budidaya padi dalam rangka mempersiapkan Petani Milenial untuk dapat menjadi penangkar benih padi di Provinsi NTB.

 Pada kegiatan ini juga diserahkan benih padi Varietas Unggul Baru (VUB) yang baru dilepas oleh BB Padi seperti Padi IR Nutrizinc yang diharapkan dapat dikembangkan di daerah Lombok Timur karena VUB ini adalah salah satu VUB untuk mencegah stunting. (Baiq Nurul Hidayah)

Web Analytics