Berita

KTNA Wadah Aspirasi Petani dan Nelayan

Pin It

Senin, 25/11/2019 Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah melantik dan mengukuhkan  ketua dan pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi NTB, masa bhakti 2019-2024 di Balai Pelatihan Pertanian Dan Perkebuan (Bapeltanbun) Provinsi NTB. Acara pelantikan dihadiri oleh KTNA se- NTB, Kepala Balitbangtan BPTP NTB, perwakilan penyuluh pertanian kab/kota, penyuluh pertanian Provinsi NTB, penyuluh Balitbangtan BPTP NTB,  perwakilan petani se Kab/Kota di NTB, serta SKPD , rumpun hijau NTB

KTNA merupakan wadah untuk menjembatani aspirasi petani dan nelayan di NTB, selain itu KTNA harus dapat memberikan solusi bagi permasalahan petani dan nelayan serta mampu meningkatkan kesejahteraannya, sehingga acara pelantikan ini tidak hanya menjadi seremonial tapi KTNA harus bekerja mendampingi petani dan nelayan. Demikian ditegaskan gubernur dalam sambutannya. 

Dalam kesempatan yang sama juga dilaksanakan finalisasi penyusunan programa penyuluhan provinsi NTB  untuk tahun 2020 oleh penyuluh pertaninan se NTB. Programa penyuluhan provinsi  adalah program penyelengaraan penyuluhan provinsi yang disusun secara sistematis dengan memperhatikan aspirasi pelaku utama dan pelaku usaha, serta pemangku kepentingan lainnya sebagai arah dan pengendali dalam pencapaian penyelenggaraan Penyuluhan Pertanian.

Dalam penyusunan programa provinsi, perwakilan penyuluh kabupaten/kota memberikan masukan dan saran berbagai permaslahan pertanian dan solusi yang dihadapi daerah masing-masing  berdasarkan  programa  tingkat kabupaten/ kota, termasuk pemaparan hasil Litkaji Balitbangtan NTB untuk disninkronkan dalam programa Provinsi. (M. Faesal Matenggomena dan Nurul Agustini)

Web Analytics