Berita

Training Of Trainer Penyuluh Lombok Utara

Pin It

Pada Hari Selasa 12 November 2019 dilakukan peningkatan  kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) penyuluh Pertanian Training of Trainier (TOT) di Kabupaten Lombok Utara. Training bertempat di Hotel Mina Tanjung Kabupaten Lombok Utara yang diikuti oleh 25 orang penyuluh perwakilan dari seluruh kecamatan. Hadir sebagai Narasumber peneliti dan penyuluh dari Balitbangtan BPTP NTB menyampaikan berbagai materi diantarannya (1) Teknis identifikasi sumber daya alam dan pengelolaan infrastruktur untuk irigasi, (2) Eksplorasi penggunaan system  informasi kalender tanam (KATAM) terpadu, (3) pemanfaatan Weather Rise Nutrient (WeRise) untuk informasi cuaca dan informasi anjuran tanam, (4) Pemanfaatan layanan konsultasi padi (LKP), (5) Praktek penggunaan PUTS dan PUTK.

Hadir memberikan arahan kepala Balitbangtan BPTP NTB Dr. Awaludin Hipi, M.Sc. Melalui arahannya  beliau menyampaikan harapannya untuk penyuluh pertanian, agar menjadi peyuluh yang 3M yaitu Maju, Mandiri, dan Modern. Penyuluh pertanian merupakan garda terdepan dalam pembangunan pertanian dan haruslah terus mengupdate dirinya agar lebih modern dan tidak kolotnial. Pada sambutannya Kepala balai juga menyempatkan menyampaikan beberapa poin penting tentang program baru yang diluncurkan Menteri Pertanian RI, yaitu program Komando Strategis Pembangunan Pertanian di tingkat Kecamatan yang disingkat Kostratani, yang mana akan melibatkan semua pihak termasuk peran serta penyuluh akan sangat besar diperlukan.

Acara TOT yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lombok Utara Ir. H.Nanang Matalata. Kegiatan TOT ini akan berlangsung selama 3 hari  dengan berbagai materi inovasi pertanian spesifik lokasi Kabupaten Lombok Utara. (Nurul Agustini dan Rahmatulaila)

Web Analytics