Berita

53 Varietas Tanaman Lokal di NTB Telah Terdaftar Oleh PVTPP

Pin It

Sumber daya genetic (SDG) lokal sangat penting untuk dilestarikan dan didaftarkan agar mendapatkan sertifikat dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PVTPP) sehingga menjadi hak paten komoditi daerah NTB. Selain itu pendaftaran bertujuan untuk melindungi varietas lokal yang langka.

Balitbangtan BPTP NTB bekerjasama dengan Pemerintah provinsi dan Kabupaten/kota NTB telah melakukan koleksi dan pendaftaran sebanyak 53 varietas lokal baik tanaman pangan maupun hortikultura, dan sejak tahun 2017-2019 terdapat 36 varietas telah disertifikasi, demikian disampaikan oleh penanggung jawab kegiatan SDG Fitratunnisa, MSc di hadapan  Kepala Balitbangtan BPTP NTB, Ketua Kelji, dan tim SDG dalam rapat SDG di ruang sidang Balitbangtan NTB, Senin 4/11/2109.  Pendaftaran  varietas lokal dilakukan  dengan mendaftarkan varietas lokal dengan mengisi form yang sudah disediakan dan ditandatangani oleh Bupati/Walikota/Gubernur atau Lembaga/Institusi yang ditunjuk atau tim yang dibentuk (sesuai dengan sebaran geografis varietas lokal) diatas kertas bermeterai. Surat penunjukan atau surat pembentukan Tim oleh Bupati/Walikota/Gubernur (sesuai dengan sebaran geografis varietas lokal) kepada Lembaga/Institusi yang ditunjuk atau Tim yang dibentuk.

Kapala Balitbangtan BPTP NTB Dr. Ir.Awaludin Hipi MSi mengatakan bahwa tujuan utama kegiatan SDG yaitu mendaftarkan  varietas lokal dan melakukan konservasi secara eksitu maupun Insitu. Tim SDG harus memprioritaskan  pendaftaran varietas  yang diminati oleh konsumen, selanjutnya dikembangkan di tempat dimana varietas tersebut di butuhkan pasar.  (M.F Matenggomena, SP)

Web Analytics