Berita

BPTP Balitbangtan bersama Peragi Membangun Pertanian di NTB

Pin It

BPTP Balitbangtan NTB memiliki visi misi yang sama dengan Komda Perhimpunan Agronomi Indonesia (Peragi) NTB yaitu membantu Pemerintah Daerah membangun pertanian di daerah.  Kepala BPTP Balitbangtan NTB,  Dr. Ir Awaludin Hipi, MSi mengharapkan jalinan kerjasama yang baik antara BPTP Balitbangtan NTB dengan Peragi terkait penelitian dan pengkajian. 

“Kementerian Pertanian merencanakan kegiatan pengembangan kawasan petani sejahtera (Sapira) yang akan menjadi program strategis. BPTP Balitbangtan NTB sebagai lembaga teknis Kementerian Pertanian di daerah akan melaksanakan kegiatan Sapira di Setanggor Lombok Tengah pada tahun 2020 sebagai kelanjutan program Bio Industri. Kita dapat berkolaborasi dalam mengembangkan Sapira di NTB”, demikian disampaikan Kepala Balai pada pertemuan pengurus Peragi  Selasa, 29/10/2019 di ruang sidang BPTP Balitbangtan NTB.

Lebih lanjut Kepala Balai menyampaikan pula tentang jalinan kerjasama untuk melestarikan sumberdaya genetik  lokal, karena kita memiliki keterbatasan dalam melakukan idendifikasi dan mendiskripsikan  varietas yang akan  didaftrakan ke Pusat Perlindungan Varetas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PVTPP).  Selain itu Kepala Balai  mengharapkan Peragi juga berpertisipasi dalam pelaksanaan Seminar Nasional yang akan dilaksanakan oleh BPTP Balitbangtan NTB pada tahun 2020. ”Kita akan tetap menyokong kegiatan Peragi”, tegas Kepala Balai.

Rapat pengurus Peragi dipimpin oleh Ketua Komda Peragi NTB, Ir. Akhmad Zubaidi, M.Agr, PhD,  dengan agenda memberikan informasi hasil kongres Nasional Peragi di Bogor, mengganti 2 orang pengurus yang lowong dan sharing informasi dengan BPTP Balitbangtan NTB tentang beberapa program kerjasama penelitian dan pengkajian.(M.Faesal Matenggomena

Web Analytics