Berita

Temu Lapang Peningkatan Produksi Kedelai Melalui Pengembangan Tumpangsari

Pin It

BPTP Balitbangtan NTB kembali melakukan temu lapang dalam rangka diseminasi inovasi teknologi untukpeningkatan produksi kedelai melalui pengembangan tumpangsari kedelai dengan jagung. Temu Lapang diadakan pada hari Jum’at 25 Oktober 2019 di Desa Setanggor, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah  Temu lapang ini dihadiri oleh lebih dari 50 orang petani yang tinggal di sekitar lokasi demplot pengkajian, dengan tujuanagar dapat mempercepat adopsi inovasi karena dapat melihat langsung proses pengkajian dari awal hingga panen.

Hadir dalam temu lapang Kepala seksi KSPP yang mewakili kepala BPTP Balitbangtan NTB., Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah, Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Perkebunan Propsinsi NTB, Kapolsek Kecamatan Praya Barat, Sekertaris Camat Praya Barat, Penyuluh pendamping propinsi, dan penyuluh pendamping Lombok Tengah serta peneliti dan penyuluh dari BPTP NTB. petani sangat mengapresiasi acara temu lapang ini yang dibuktikan dengan banyaknya petani yang hadir bahkan melebihi jumlah undangan yang dibagikan.

Beberapa inovasi paket teknologi terus dikembangkan dan dirakit oleh Badan Litbang untuk meningkatkan produktivitas dan produksi kedelai baik melalui intensifikasi maupun ektensifikasi. Salah satu paket teknologi untuk perluasan areal tanam kedelai adalah dengan melakukan berbagai tumpang sari dengan komoditas lain. Dengan adanya inovasi tumpangsari kedelai baik dengan jagung maupun dengan komoditas lain yang mempunyai nilai ekonomi tinggi maka diharapkan produksi kedelai akan meningkat dan minat petani untuk menanam kedelai semakin tinggi. (Rahmatullaila)

Web Analytics