Berita

Bimtek Petani Milenial Komoditi Hortikultura

Pin It

Menteri Pertanian telah menggalakan tumbuhnya  petani milenilal 1 juta orang pada tahun 2019. Hal ini untuk menjawab atas berkembangnya teknologi di era milenial, dimana pengelolaan usahatani  serba digital dan petani mendapatkan informasii teknologi pertanian sangat mudah melalui media internet. Demikian disampaikan Kepala BPTP Balitbangtan NTB dalam sambutan pada pembukaan bimbingan teknis (Bimtek) petani milenial yang diselenggarakan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Nusa Tenggara Barat bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Hortikutura pada kamis, 24/10/2019 bertempat di BPTP Balitbangtan NTB.

Lebih lanjut Kepala Balai menegaskan bahwa petani milenial merupakan petani berdasi yang mengelola lahan sawah menggunakan traktor yang dikontrol menggunakan remote dan memakai drone sehingga tidak perlu lagi harus menggendong sprayer. Kepala  Balai juga mengharapkan  petani milenial mampu menciptakan lumbung pangan dunia pada tahun 2045.

Acara Bimtek Hortikultura dibuka secara resmi oleh  Kapuslitbanghortikultura yang diwakili Kepala Subbidang Pendayagunaan Hasil Penelitian dan dihadiri oleh 100 orang peserta.   materi yang disampaikan adalah komoditi bawang merah, bawang putih dan durian.  Teknologi budidaya bawang merah dan bawang putih disampaikan oleh Profesor Dr. Ahsol Hasyim dan materi Budidaya Durian disampaikan oleh Dr. Panca Jarot. Acara pelatihan diselingi dengan pemberian hadiah (doorprize) bagi peserta yang dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh narasumber dan pejabat Puslitbanghorti dan BPTP NTB.  Sampai dipenghujung acara, kelihatannya peserta Bimtek tetap bersemangat. Pada sesi terakhir peserta diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan, maupun saran serta masukan (M. Faesal Matenggomena)

Web Analytics