Berita

Sosialisasi VUB Padi Inpari IR Nutri Zinc

Pin It

Sosialisasi varietas unggul baru padi Inpari IR Nutri Zinc dilaksanakan pada Jum’at, 18/10/2019 di ruang aula utama BPTP Balitbangtan NTB. Narasumber yang hadir dalam sosialisasi adalah Dr. Untung Susanto. Dr Untung  merupakan salah seorang pemulia yang juga sebagai peneliti pada Balai Besar Padi Sukamandi di Jawa Barat.. Peserta yang hadir selain staf fungsional peneliti dan penyuluh  hadir juga penyuluh dari Balai Diklat Provinsi NTB. Tujuan dari sosialisai adalah dalam rangka menyampaikan informasi Padi Inpari IR Nutri Zinc yang yang memiliki keungulan pada kandungan Zinc yang dapat berfungsi untuk meningkatkan  pertumbuhan pada anak atau mencegah anak tumbuh kerdil (stunting).

Kepala BPTP Balitbangtan NTB Dr. Ir. Awaludin Hipi, MSi, dalam sambutannya meyampaikan bahwa sebelumnya penyebaran VUB sangat lamban, membutuhkan waktu yang panjang untuk dikenal, namun dewasa ini relatif lebih cepat. Informasi yang terlambat sampai  ke penyuluh, oleh karena itu  penyebaran kepada petani melalui  Demplot atau Denfarm akan lebih efektif. VUB Padi Inpari IR Nutri Zinc merupakan salah satu teknologi terbaru yang sedang dikembangkan di beberapa daerah termsuk NTB. Karena pentingnya VUB tersebut maka kita perlu untuk mengidentifikasi daerah Stunting di NTB untuk mengembangkan Inpari Ir Nutri Zinc sehingga masyarakat sehat dan sejahtera.

Dr. Untung mengharapkan bahwa Inpari IR Nutri Zinc dapat diproduksi secara masal dan di adopsi luas secara berkelanjutan oleh petani karena VUB ini memiliki kandungan Zn  tinggi ( 29,54 ppm) yang dapat mengatasi kekurangan gizi pada masyarakat.  Menurut penanggung jawab Unit Pelayanan Benih Sumber (UPBS) BPTP Balitbangtan NTB Sabar Untung, SP bahwa VUB Inpari IR Nutri Zinc pada saat ini sedang dikembangkan oleh BPTP melalui Demplot di beberapa tempat di NTB (M. Faesal Matenggomena)

Web Analytics