Berita

Kunjungan Penyuluh Dari Kabupaten Pinrang

Pin It

Pada Kamis 10 Oktober 2019 Balitbangtan BPTP NTB menerima kunjungan dari Penyuluh, Kepala BPP dan Koodinator Penyuluh yang didampingi oleh Kabid Perlindungan Tanaman dari Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan., seluruhnya berjumlah 10 orang. Kedatangannya disambut oleh Plh Kepala Balai Ir. Sofyan Souri bersama Kasi KSPP dan peneliti serta penyuluh Balai di Ruang Pertemuan.  Plh  Kepala Balai dalam sambutannya menjelaskan tentang NTB yang mendapat sebutan BUMI GORA yang memiliki sejarah pertanian tanaman pangan  spesifik yaitu tanaman padi Gogorancah. NTB pernah mengalami kekeringan dan kesulitan pangan sehingga diterapkannya teknologi Gogorancah.  Pada saat itu teknologi ini telah memberikan solusi terhadap pertanian tanaman pangan di wilayah lahan kering, dimana sebagian besar wilayah NTB adalah lahan kering.

Informasi inovasi teknologi pertanian yang didapatkan selama melakukan kunjungan di BPTP NTB diharapkan bisa diterapkan di Kabupaten Pinrang, demikian jugaakan melihat kajian yang ada di Visitor Plot dan Tagrimart untuk dapat diterapkan di Pinrang, tambah sofyan.

Kasi Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian Pinrang Syukur,SP sebagai pimpinan rombongan sangat mengapresiasi atas pelayanan yang baik pada kedatangan kami penyuluh dari Kabupaten Pinrang.Tujuan kunjungan untuk melaksanakan study Banding tentang teknologi pertanian yang dikembangkan oleh BPTP Balitbangtan NTB.

“Informasi teknologi yang cocok untuk dikembangkan di Kabupaten Pinrang akan menjadi bahan penyuluhan agar bisa diadopsi di wilayah binaan, kebetulan yang datang adalah kepala BPP, PPL teladan dan koordintor penyuluh. Disampaikan bahwa di Kabupaten Pinrang serangan tikus sudah sangat mengkhawatirkan sehingga kami melakukan  Buser OPT untuk menanggulangi serangan hama tikus”kata Syukur.

Sebelum mengunjungi Kebun BPTP NTB, disampaikan oleh Penanggung jawab UPBS Sabar Untung, SP menyampaikan tentang perbenihan yang dilaksanakan untuk menghasilkan benih sebar. Selanjutnya Pak Syukur bersama rombongan mendapat kesempatan untuk melihat Kebun Bibit, Visitor Plot (tumpangsari Jagung & Kedelai), Tagrimart, ruang display Benih padi, jagung dan kedelai, UPBAS dan Perbibitan Ayam KUB Strata 1.  Setelah selesai rombongan kembali melanjutkan perjalanan ke daerah wisata. (M. Faesal Matenggomena)

Web Analytics