Berita

Ketua Tim PKK Provinsi NTB Membuka Secara Resmi Pelatihan KRPL dan OPAL di BPTP Balitbangtan NTB

Pin It

Pada hari Selasa tanggal 20 Agustus telah dilakukan pelatihan budidaya tanaman sayuran dan ayam KUB untuk mendukung program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dan Obor Pangan Lestari (OPAL). Pelatihan bertempat di Kantor BPTP Balitbangtan NTB dan dibuka secara resmi oleh ketua tim Pembina PKK Provinsi Nusa Tenggara Barat Ibu Hj.Niken Saptarini Widyawati , SE, M.Sc.

Pelatihan ini diikuti oleh lebih dari 50 Penyuluh Pertanian maupun peternakan dari berbagai wilayah binaan yang ada di pulau Lombok. Pelatihan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan para penyuluh agar lebih siap dan matang dalam mendampingi rumah tangga untuk membangun kawasan rumah Pangan Lestari

Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 21 – 22 Agustus 2019 . Ketua tim Pembina PKK Propinsi NTB hadir membuka secara resmi pelatihan yang dilanjutkan dengan mengunjungi stand pameran mini yang ada di BPTP Balitbangtan NTB. Dalam sambutannya disampaikan bahwa beliau sangat senang dengan konsep dari program KRPL ini dimana rumah tangga dibina untuk dapat memanfaatkan tiap jengkal halaman untuk menanam tanaman sayuran yang menjadi bahan pokok konsumsi sehari-hari.

Ibu Hj.Niken bahkan menyampaikan bahwa Bapak gubernur juga memiliki hobi menanam, bahkan dengan hobi itu membuatnya spontan membersikan gulma-gulma yang ia jumpai di pot halaman rumahnya. Dalam sambutannya Ibu Hj Niken juga berpesan agar peserta pelatihan mengikuti dengan serius materi yang diberikan oleh sejumlah narasumber agar dalam pendampingan program KRPL mampu mengembangkan kapasitas dan keahlian para ibu rumah tangga atau wanita Tani dalam membangun KRPL.

Beberapa materi pelatihan disampaikan oleh narasumber peneliti dan penyuluh BPTP Balitbangtan NTB dan dari BPTPH Provinsi NTB. Pelatihan yang diberikan disertai dengan peragaan cara pembibitan tanaman sayuran , pemeliharaan DOC ayam KUB dalam Boorder, pembuaan MOL (Mikroorganisme Lokal) dari berbagai tanaman dan cara pembuatan bawang black garlic yang sederhana.(Rahmatullaila dan Nurul Agustini)

Web Analytics