Berita

Bimtek Mendukung SIWAB di Lombok Timur

Pin It

Dalam rangka mendukung program Kementerian Pertanian Upaya Khusus Percepatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting (UPSUS SIWAB, mencakup dua program utama yaitu peningkatan populasi melalui Inseminasi Buatan (IB) dan Intensifikasi Kawin Alam (INKA).

Balai Pengakajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan NTB telah melaksanakan pendampingan kepada masyarakat NTB Kamis, 25/7/2019 melaksanakan Bimbingan Teknis Inovasi Peternakan sebagai salah satu kegiatan pendampingan. Bimtek dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan para petugas Insiminator Buatan (IB) dan Paramedik. Dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Pertanian dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lombok Timur. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Peternakan dan Keswan Ir. Talla’at.

Plh Kepala BPTP Balitbantan NTB Dr Ir. Sasngko W.R. MSc dalam sambutannya menyampaikan bahwa pendampingan UPSUS SIWAB telah dilaksanakan sejak tahun 2017  kepada peternak sapi di wilayah Kabupaten Lombok Timur didampingi Poskeswan dan UPTD setempat yang menugaskan petugas IB dan paramedic. Pada pelaksanaan kegiatan Pendampingan SIWAB tahun 2019 BPTP Balitbangtan NTB  menjalankan pembinaan pada  Kampung Inovasi SIWAB (KIS) yang diharapkan dapat menjadi tempat pembelajaran bagi peternak sapi.

Materi Bimtek tentang estimasi berat badan sapi terkait dengan kebutuhan pakan  yang bertujuan agar peternak dapat merencanakan pemberian pakan, yang disampaikan oleh Ir. Kaharudin.

Materi berikutnya tentang  penyapihan dan pemeliharaan induk bunting sapi, disampaikan oleh Totok BJ, SPt.  Materi Menfasilitasi Program Pembangunan  disampaikan oleh Dr. Nurul Hilmi MSc. Program pembangunan yang difasilitasi oleh pemerintah termasuk SIWAB adalah dalam rangka mensejahterakan peternak. (M. Faesal Matenggo).

Web Analytics