Berita

Wakil Bupati Sumba Barat Daya Study Banding Ke BPTP Balitbangtan NTB

Pin It

Kamis 18 Juli 2019 Wakil Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya Drs. Ndara Tanggu Kaha berkesempatan mengunjungi kantor BPTP Balitbangtan NTB. Kedatangan beliau bermaksud untuk study banding terhadap hasil-hasil pengkajian BPTP yang bisa diterapkan di daerah Kabupaten Sumba Barat Daya. Salah satu hasil pengkajian yang menarik perhatian beliau adalah pengembangan ayam KUB yang sudah gencar dilakukakan BPTP beberapa tahun terakhir.

Kedatangan wakil bupati dan beberapa stafnya diterima oleh Bapak Ir. Sofyan Sauri selaku Kepala Tata Usaha, Dr. Yahanes Geli Bulu salah satu peneliti Sosial Ekonomi, Totok Blegoh S.Pt yang merupakan penyuluh ahli di bidang peternakan ayam KUB dan Rahmatullaila, M.Si penyuluh pertanian pertama BPTP NTB. Maksud kunjungan lebih ditekankan kepada ingin mengetahui lebih jauh bagaimana teknologi aplikatif yang ada di BPTP Balitbangtan NTB yang bisa diterapkan dan bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas dan kesejahteraan petani di Sumba Barat Daya. Selanjutnya Bapak wakil Bupati dan staf megunjungi kandang visitor plot untuk melihat bagaimana budidaya ayam KUB dan proses penetasan telur oleh mesin otomatis yang di miliki oleh BPTP Balitbangtan NTB.

Beberapa pertanyaan disampaikan untuk mengetahui lebih jauh tentang budidaya ayam KUB. Bapak wakil bupati juga banyak mendokumentasikan kondisi tata letak kandang dan keadaan ayam dengan camera phone yang dimiliki. Totok salah seorang penyuluh Balai yang telah menyebarluakan  ayam KUB di NTB, menyampaikan penjelasan mulai dari manajemen pemeliharaan sampai perhitungan ekonomi.

Keingintahuan tentang ayam KUB berlanjut dengan mengunjungi petani koperator binaan BPTB Balitbangtan NTB yang telah sukses merintis usaha ayam KUB secara mandiri dengan sistem Inti-plasma di Desa Aiq Bukak Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati bersama staf berkesempatan untuk diskusi bersama petani koperator tentang awal mula  usaha perbibitan ini sampai meraih sukses dan mandiri. Rombongan juga menyempatkan berkunjung  ke lokasi program BEKERJA dengan mendatangi salah seorang Rumah Tangga Miskin (RTM) yang pernah mendapatkan bantuan ayam KUB di Kabupaten Lombok Tengah untuk melihat perkembangan saat ini.  Sistem ini juga diharapkan dapat diterapkan pada rencana program yang akan dikembangkan di Kabupaten Sumba Barat Daya. (Rahmatullaila)

Web Analytics