Berita

Kementan Mendapatkan WTP dari BPK Selama Tiga Tahun

Pin It

Kementerian Pertanian secara resmi menerima LHP dan Opini BPK atas LK Kementan TA 2018 pada tanggal 11 Juni 2019.” Alhamdulillah, berkat kerja keras Kementerian Pertanian bersama segenap jajaran pengelolaan keuangan dan perlengkapan, dari tingkat satker, wilayah, eselon I  dapat mempertahankan kualitas Laporan Keuangan dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Ini adalah sejarah baru bagi Kementerian Pertanian, dengan memperoleh opini terbaik dari BPK selama 3 (tiga) tahun berturut-turut”, hal tersebut disampaikan  oleh Kepala Bagian Keuangan  Dan perelengkapan  Sekretris Jendral Kementan Widyanto Gento S. Sos MM dengan membacakan sambutan Sekretaris Jenderal Kementan pada acara pembukaan Workshop Laporan Keuangan Tingkat Satker Semester I Tahun Anggaran 2019 di Golden Palace Mataram pada Selasa, 9/07/2017.

Widyanto menyampaikan bahwa berbagai upaya telah dan sedang dilakukan  Kementerian Pertanian dalam mempertahankan kualitas laporan keuangan Kementerian Pertanian Tahun 2019, antara lain perbaikan regulasi berupa Revisi Panduan Teknis Verifikasi,  peningkatan kapasitas SDM berupa Bimtek Tela’ah Laporan Keuangan dan Laporan BMN, Pelatihan Verifikator, dan pengembangan aplikasi berupa aplikasi CaLK maupun CRBMN.

Dalam kegiatan ini juga Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian mendukung penuh dengan menurunkan segenap tenaga auditornya untuk melakukan Reviu bersamaan dengan proses penyusunan dan verifikasi atas Laporan keuangan.

Kegiatan workshop  dilaksanakan  selama 4 (empat) hari yang dimulai pada  tanggal 9 -12 Juli 2019 dengan melibatkan seluruh stakeholders di bidang pelaporan keuangan di masing-masing daerah di NTB khusunya kegiatan yang dibiayai oleh Kementerian Pertanian. (Yuko dan Tenggo)

Web Analytics