Berita

Dukungan Stakeholder Dalam Mendiseminasikan Teknologi Pertanian

Pin It

Tupoksi BPTP NTB adalah mendiseminasi teknologi pertanian ke pada stakeholder  dan dukungannya sangat diperlukan  guna mempercepat adopsi.  Kerjasama dengan Dinas dan Instansi setempat perlu dijalin dengan baik mendapatkan dukungan melalui kebijakan sehingga akan memperlancar proses difusi teknologi kepada masyarakat.

Dalam mendiseminasikan suatu teknologi hasil Litkaji,  BPTP   NTB menjalin hubungan dengan Stakeholder yang berada di daerah.  Pada Jumat 5/07/2019 tim BPTP yang terdiri dari Plh Kepala BPTP NTB, koordinator penyuluh, penyuluh dan peneliti  melaksanakan koordinasi dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan, serta Dinas Perternakan Kabupaten Sumbawa tentang kegiatan yang sedang berjalan dan hasilnya serta rencana kegiatan tahun 2020.

Hasil koordinasi dengan Dinas Peternakan Kabupaten Sumbawa yang pada saat itu didampingi oleh  Kasi Pengawas Mutu, Abdul Halim. Disampaikan bahwa Kambing Boerka memberikan peluang usaha yang bagus bagi peternak karena para pengusaha kuliner lokal sangat tertarik dengan rasa dagingnya.   BPTP NTB mengharapkan dukungan Dinas Peternakan Kabupaten Sumbawa untuk pengembangan Kambing Boerka sebagai salah satu teknologi Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian.  Kambing Boerka sebagai kambing tipe potong yang sedang dikembangkan oleh BPTP NTB di wilayah Kabupaten Sumbawa, berasal dari Loka Penelitian Kambing Potong Sei Putih.  Kambing-kambing telah berkembang biak dan telah dalam proses adaptasi untuk keturunannya, dengan demikian akan menjadi kambing Boerka spesifik lokasi.

Dalam kesempatan yang sama Plh Kepala BPTP NTB Dr. Ir. Sasongko WR juga mengharapkan kerjasama yang berkelanjutan juga dengan dinas perternakan, dalam mengembangkan kambing Boerka terutama  sebagai  pusat pembibitan kambing Boerka di NTB.  Hal ini patut dibanggakan karena menjadi sebagai salah satu sumber bibit Kambing Boerka yang merupakan kambing tipe potong.  Selanjutnya berharap Dinas Peternakan Kabupaten Sumbawa sudah mempersiapkan bentuk pengembangan kambing ini misalkan dengan membangun Pembibitan Lokal yang dapat menyediakan ternak kambing untuk memenuhi kuliner masakan dengan bahan baku daging kambing.  Diketahui bahwa daerah Sumbawa dikenal dengan kuliner Soto Kambing, sebagai salah satu daya tarik daerah dalam mempromosikan pariwisatanya.

Selanjutnya tim BPTP NTB dipimping Plh kepala BPTP Balitbangtan NTB melakukan kunjungan dan koordinasi ke Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sumbawa. Kedatangan Tim disambut langsung oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sumbawa, Ir Talifuddin MSi. Dalam kesempatan tersebut.  Tim menyampaikan tentang rencana kegiatan yang semula sempat tertunda kemudian dibatalkan pelaksanaannya di tahun 2018. Namun ada rencana melanjutkan yaitu kegiatan Korporasi.  Kemudian disampaikan kepada Kepala Dinas bahwa ada peluang untuk melaksanakan kegiatan perbenihan Kedelai di wilayah Kabupaten Sumbawa. Hasil Temu Lapang di Desa Nggembe ternyata VUB yang diperkenalkan yaitu Devon dan Dena mendapat respon positif dari petani-penangkar, oleh karena itu tim menawarkan jika memungkinkan untuk dikembangkan di wilayah KAbupaten Sumbawadiketahui bahwa di Kecamatan Ropang, pernah menjadi salah satu daerah sumber komoditi kedelai sehingga dapat dicoba untuk menanam kedelai varietas baru yang berpotensi untuk dikembangkan. Pada kesempatan ini tim BPTP NTB menyampaikan kepada Kepala Dinas untuk mendapatkan arahannya sehingga pada tahun 2020 diharapkan kegiatan perbenihan kedelai dapat dilaksanakan.  Bapak Kepala Dinas telah memberikan titik terang, namun yang perlu diperhatikan adalah kesiapan benih oleh BPTP NTB yang akan melaksanakan kegiatan. Jangan sampai pada saat tanam, benih belum siap.  Hal ini menjadi catatan tim untuk tetap menjadi perhatian (M. Faesal Matenggo)

Web Analytics