Berita

Jajaki Lokasi Penelitian Diseminasi Teknologi, Tim BPTP NTB – UNE Australia Bermuhibah Di Pulau Sumbawa

Pin It

Salah  satu tugas utamanya Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Nusa Tenggara Barat  (BPTP Balitbangtan NTB), adalah mendiseminasikan teknologi yang telah dihasilkan dari pengkajian teknologi. Dalam melaksanakan proses pengkajian teknologi, BPTP NTB juga menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga penelitian dan universitas baik dalam dan luar negeri.   Kerjasama  yang sedang dilaksanakan adalah dengan University of New England, Australia melalui lembaga Australia Center for International Agricultural Research (ACIAR), dalam mendiseminasikan teknologi yang dihasilkan sebelumnya yaitu integrasi pemanfaatan limbah tanaman pangan sebagai pakan ternak sapi.

Untuk menentukan lokasi rencana kegiatan, tim BPTP NTB bersama tim  University of New England dan Univetsitas Mataram telah melakukan pemetaan calon lokasi kegiatan di empat kabupaten di Pulau Sumbawa yang dimulai dari Bima, Dompu, Sumbawa dan Sumbawa Barat pada tanggal 11-18 Februari 2018.  Rombongan  muhibah dipimpin oleh Prof. Julian Prior. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan penelitian diseminasi teknologi yang akan dilaksanakan perlu dukungan berbagai pihak, oleh karena itu dalam muhibah tersebut tim melakukan pertemuan dengan  para stakeholder antara lain : Bupati, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, kelompok tani ternak, perbankan, dan pihak terkait lainnya dalam rangka menjajaki kerjasama mendukung diseminasi teknologi.

Dari hasil pertemuan , dari berbagai pihak yang dikunjungi memberikan respon yang positif.   Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M Yasin secara langsung menyambut dengan baik rencana kegiatan penelitian kerjasama tersebut mengingat Dompu sebagai salah satu sentra penghasil jagung.  Petani  jagung sebagian juga sebagai peternak sapi.  Akan tetapi seringkali usaha ternak sapi kurang mendapatkan perhatian sehingga produktivitas masih rendah. Sedangkan sumber pakan tersedia bahkan melimpah yang berasal dari limbah tanaman jagung namun belum dimanfaatkan.  Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa, Ir. Talifudin yang juga menyambut baik program penelitian diseminasi tersebut dan mengatakan akan mengajak seluruh jajaran penyuluh Dinas untuk mendukung diseminasi teknologi integrasi tanaman pakan – ternak.  Penjajakan  lokasi  ini diakhiri dengan penyusunan rencana kerja oleh tim BPTP, Australia dan Universitas Mataram untuk segera ditindak lanjuti. (Nurul Hilmiati).

Web Analytics