Berita

Meningkatkan Keterampilan Menulis Bagi Pengelola Website

Pin It

Untuk meningkatkan keterampilan jurnalistik telah dilaksanakan kegiatan pelatihan 24-28 April 2018 di Mataram Nusa Tenggara Barat dengan jumlah peserta sebanyak dua puluh satu  orang yang merupakan pengelola situs berita website lingkup Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan).  Salah satu agenda pelatihan adalah berkunjung langsung ke lokasi kegiatan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, Nusa Tenggara Barat (BPTP NTB).  Pada hari Kamis 26 April 2018 peserta melakukan kunjungan ke lokasi kegiatan BPTP NTB sistem pembibitan ayam KUB Inti-plasma di Desa Aiq Bukaq Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. Kunjungan tersebut merupakan bagian dari materi praktek pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan oleh Badan Litbang Pertanian bekerjasama dengan Tempo selama 4 hari. Peserta  melakukan kunjungan dan wawancara di lokasi kegiatan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTB (2017) sistem pembibitan Inti-Plasma.  Wawancara dilakukan secara langsung  pada peternak KUB, pedagang ayam dan penanggungjawab kegiatan yang juga penyuluh pertanian  di BPTP  NTB (Totok B Julianto).

Hermien Kleden salah seorang mentor telah memberikan arahan sebelumnya bahwa sebelum melakukan wawancara, peserta harus sudah menentukan ide dan memilih angle. Wawancara dimaksudkan untuk mendapatkan data dari peternak Ayam KUB, pedagang dan penyuluh pertanian yang mengetahui tentang ayam KUB. Materi ini  untuk melengkapi isi berita yang akan ditulis. Inti berita ditulis di alinea awal (Lead) untuk menarik pembaca dengan memperhatikan 5 W + 1H ( Who, What, Where, When, Why dan How), alinea selanjutnya ditulis berdasarkan data. “Hal ini disebut merupakan cara penulisan dengan metode piramida terbalik”,ujar Hermien.

Dengan melakukan kunjungan langsung peserta dapat melihat pembibitan ayam KUB dengan sistem Inti Plasma yang saat ini sedang dikembangkan oleh Badan Litbang Pertanian. Disamping itu peserta dapat memperoleh informasi perkembangan hingga keberhasilan pengembangan ayam KUB yang selama ini dilaksanakan oleh BPTP Balitbangtan NTB.

Menurut Kepala seksi Kerjasama, Pelayanan Dan Pengkajian BPTP Balitbangtan NTB, Dr. Sasongko bahwa BPTP NTB telah mengembangkan ayam KUB sejak tahun 2012,  dikaji pertama kali untuk tingkat lapangan di Desa Jago Kabupaten Lombok Tengah.  Pada tahun 2017 BPTP Balitbangtan NTB mendapat tugas untuk melakukan pengembangan ayam KUB dengan model perbibitan ayam KUB  inti plasma di Desa Aik Bukak.

Peserta pelatihan dapat belajar lebih banyak dari informasi ayam KUB. Selanjutnya bahan   disusun menjadi sebuah informasi (termasuk dalam bentuk berita) dengan bimbingan  mentor (Tempo) yang selanjutnya didiskusikan dan dipresentasikan dalam kelas belajar. Diharapkan peserta pelatihan dapat meningkatkan kemampuan dalam menyusun suatu informasi agar menarik, informatif dan dapat mendukung dalam mendiseminasikan teknologi pertanian sehingga dapat diketahui oleh masyarakat secara luas. (MF. Matenggomena)

 

Web Analytics