Berita

Kaji Terap Mendukung Program Daerah Pengembangan Kedelai Dikabupaten Dompu

Pin It

Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu telah mencanangkan untuk pengembangan komoditi kedelai seluas 400 ha, hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pertaniandan Perkebunan Kabupaten Dompu Ir. Husni Thamrin.  Saat ini UPT Pertanian dan Perkebunan Kecamatan Hu’u sedang melakukan inventarisasi lahan dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan program. Namun di disekitar Kawasan kedelai saat ini ada kecenderungan petani kedelai beralih ke komoditi jagung. Dampak negative yang bisa terjadi adalah menurunnya produksi kedelai di wilayah setempat. Kecamatan Hu’up ada2 tahun silam dikenal merupakan wilayah kedelai khususnya diwilayah Kabupaten Dompu. Saa tini yang dirasakan sebagai dampak akibat penurunan produksi adalah kenaikan harga kedelai konsumsi maupun benih yang mencapai 30 persen beberapa waktu belakangan ini.

Sehubungan dengan kegiatanBPTP Balitbangtan NTB pada tahun 2018 yaitu kegiatan Pendampingan Kawasan Kedelai dan KajiTerap, diharapkan dapat memberi semangat kepada petani kedelai.  Kegiatan Kaji Terap dapat menjadi tempat belajar untuk menghadapi persoalan komoditi kedelai.  Di samping itu kegiatan ini merupakan kesempatan untuk menjalin kerjasama dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu untuk bersama-sama mensukseskan program tersebut.  PadaKamis 5 April 2018 telah dilaksanakan sosialisasi, koordinasi kegiatan BPTP Balitbangtan NTB dan bimbingan teknis budidaya kedelai bertempat di  UPT Pertanian dan Perkebunan Kecamatan Hu’u.

Sejalan dengan upaya mengatasi persoalan setempat yang dihadapi petani kedelai terkait produksi dan produktivitas yaitu : ketersediaan benih unggul, keterbatasan tenaga kerja dan teknologi yang spesifiklokasi. Melalui kegiatan pendampingan dan kaji terap diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan Penyuluh setempat dalam menjalankan tugas melaksan akan program melalui penerapan teknologi yang hasil litkaji Badan Litbang Pertanian serta telah dikaji BPTP Balitbangtan NTB.  Inovasi pertanian dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan solusi yang tepat dan efektif sehingga dapat digunakan untuk mengatasi persoalan-persoalan tersebut (SWR).

Web Analytics