Berita

Workshop Sekolah Lapang Desa Mandiri Benih Padi

Pin It

Untuk mensukseskan program perbenihan di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balibangtan NTB berupaya untuk meningkatkan kapasitas petani, petugas lapang dan produsen benih melalui kegiatan workshop SL Mandiri Benih yang telah dilaksanakan  Selasa (10/04/ 2018) yang bertempat di Desa Kuripan Utara Kec. Kuripan Kab. Lombok Barat. Kegiatan dihadiri sekitar 65 orang yang terdiri dari unsur BPTP NTB, Dinas Pertanian Kabupaten dan Kecamatan, BPSB, POPT, Gapoktan, anggota poktan.

Kegiatan workshop dibuka  Kepala BPTP Balitbangtan NTB, Dr. Ir. M. Saleh Mokhtar, MP. Dalam sambutannya , Saleh Mokhtar menyatakan bahwa BPTP Balitbangtan NTB  menyediakan lokasi Laboratorium Lapang (LL) seluas 2 Ha  sebagai  sarana untuk tempat belajar bagi petani dan produsen benih dalam memproduksi benih sehingga kedepannya diharapkan Desa Kuripan Utara mampu menyediakan kebutuhan benih untuk desa dan wilayah disekitarnya.

Dalam kesempatan yang sama Baiq Tri Ratna Erawati, SP M.Sc  Penanggung Jawab kegiatan SL Mandiri Benih  menyatakan bahwa selain sebagai sarana untuk tempat belajar memperoduksi benih, kegiatan ini juga merupakan tempat/lokasi Diseminasi varietas unggul baru sehingga petani bisa melihat dan memilih sendiri varietas mana yang cocok/adaptif untuk dikembangkan.

Senada dengan arahan kepala BPTP Balitbangtan NTB, Kepala UPTD Pertanian kecamatan Kuripan Bapak Mujitahid, SP menyatakan bahwa potensi lahan sawah untuk menanam padi di kecamatan kuripan seluas 2.900 ha dan baru tersedia satu orang penangkar sehingga peluang petani dalam memproduksi benih untuk memenuhi kebutuhan benih cukup besar di Desa Kuripan Utara. Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Barat yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Bapak L. Adnan SP, menyatakan bahwa di Kabupaten Lombok Barat baru 6 kelompok tani yang mendapat program SL Mandiri Benih. Untuk mencapai swasembada benih, maka kebutuhan benih harus disiapkan. Harapannya melalui kegiatan ini petani bisa memproduksi benih di lahan kering untuk memenuhi permintaan benih lahan kering guna mendukung program  PATB yang ada di Kabupaten Lombok Barat.

Materi Workshop antara lain Teknologi Produksi Benih yang disampaikan oleh  Sabar Untung, SP  penyuluh di BPTP Balitbangtan NTB, yang dilanjutkan dengan materi Prosedur Sertifikasi Benih disampaikan oleh Bapak Djakaria, SP  koordinator Balai Pengawas dan Sertifikasi Benih (BPSB). Antusias petani cukup tinggi, terlihat dari banyaknya masukan,saran dan  pertanyaan yang disampaikan peserta pada sesi diskusi. (Yuliana Susanti) .

Web Analytics