Berita

Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Penyuluh BPTP NTB

Pin It

Bimbingan Teknis (BIMTEK) Peningkatan Kapasitas Penyuluh BPTP NTB dilaksanakan  selama 2 (dua) hari  ( 27-28/03/2018) bertempat di aula  BPTP Balitbangtan NTB yang diikuti oleh 30 peserta dari penyuluh  dan peneliti di BPTP Balitbangtan NTB. Kegiatan Bimtek dilakukan dengan tujuan untuk peningkatan kapasitas dan kapabilitas penyuluh BPTP Balitbangtan NTB. Selain itu untuk meningkatkan pengetahuan dan kesempatan belajar guna mengembangkan kemampuan yang dimilki

Materi yang disampaikan dalam Bimtek Peningatan Kapasitas Penyuluh BPTP Balitbangtan NTB antara lain :  Dalam sambutannya kepala BPTP NTB Dr.Ir.M.Saleh Mokhtar,MP menyampaikan bahwa bimbingan teknis yang dilakukan ini penting sehingga perlu diikuti oleh semua peserta dengan sungguh – sungguh dan diharapkan dapat dijadikan ajang untuk menambah pengetahuan dan sikap terutama sikap dalam berkerja dan karier sebab sikap tersebut perlu dalam mengubah prilaku. Lebih lanjut Saleh Mokhtar berharap kegiatan Bimtek peningkatan kapasitas penyuluh bisa berjalan efektif.

Senada dengan hal tersebut Saleh Mokhtar menegaskan bahwa berdasarkan Peraturan Mentri Pertanian No. 19 tahun 2017, ada 2 (dua) komponen penambahan  tupoksi BPTP  (selain yang sudah ada) yaitu menyusun materi penyuluhan (berbeda dengan artikel di jurnal) kemudian melaksanakan bimingan teknis materi penyuluhan dan Diseminasi. Disampaikan juga  bahwa yang melatarbelakangi munculnya tupoksi baru tersebut adalah karena adanya perubahan kelembagaan  sehingga Kementan memberikan pandat tersebut kepada BPTP.

Pada kesempatan yang sama Saleh Mokhtar menyampaikan bahwapada acara Bimtek ini bukan saja mengundang penyuluh akan tetapi mengundang peneliti  agar peneliti dan penyuluh bisa saling bersinergi dalam melaksanakan tugas.Peneliti perlu memahami tugas penyuluh sehingga dalam pelaksanaan tugasnya menjadi kuat, jika peneliti tidak memahami konsep penyuluhan, maka akan sulit  dalam melakukan pendampingan. Selanjutnya hasil-hasil pengkajian dari peneliti diberikan pada penyuluh untuk dirakit untuk dijadikan sebagai materi penyuluhan (Hijriyah dan Nurul Agustini)

Web Analytics