Berita

Bimbingan Teknis Perbenihan Kedelai Di Kabupaten Lombok Tengah

Pin It

Dalam upaya mendukung  tahun perbenihan kedelai di NTB, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan NTB telah melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) perbenihan kedelai yang merupakan salah satu kegiatan dari pendampingan dan pengawalan teknologi pada kegiatan Sekolah Lapang Kedaulatan Desa Mandiri Benih. Bimtek perbenihan kedelai telah dilaksanakan  pada  Kamis  (8/3/2018), bertempat di Dusun Pade Mele, Desa Segala Anyar Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah yang dihadiri oleh 35 peserta terdiri dari petani, tim teknis dari Balikabi, peniliti dan penyuluh BPTP NTB, dan aparat desa setempat.

Kegiatan Bimtek perbenihan kedelai ini mendapat apresiasi positif dari peserta dan aparat desa setempat, dimana pada kesempatan tersebut diwakili oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Pujut Bapak Abdullah.  Dalam sambutannya  Abdullah menyampaikan ucapan terimakasih kepada BPTP NTB “ dengan adanya kegiatan Sekolah Lapang Mandiri Benih di Desa Pujut telah banyak membawa perubahan yang lebih baik kepada masyarakat tani setempat, yang semula  menggunakan benih bebas kini menggunakan benih yang bersertifikat”, sehingga   saat ini petani memiliki pengetahuan lebih banyak  tentang  varietas dan kelas benih”.   Selain itu Sekolah Lapang  telah membuat perubahan cara tanam petani dari semula dengan cara disebar dan saat ini sudah mulai dengan tanam ditugal dengan jarak teratur.

Senada dengan sambutan Sekdes Abdullah, kepala UPTD Pujut H. Suntane,  menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan  BPTP NTB. Pelaksanaan kegiatan telah  mengikuti prosedur dengan berkoordinasi pada dinas terkait, mengawal dan mendampingi petani dari awal sampai akhir dan tidak terkesan setengah-setengah dan kegiatan ini diharapkan memberikan dampak positif langsung bagi petani.

Dalam pelaksanaan Bimtek, peneliti  BPTP NTB menyampaikan  teknologi budidaya kedelai, sedangakan dari BPSB menjelaskan prosedur benih bersertifikat mulai dari permohonan pengajuan benih yang akan disertifikasi sampai pada prosedur pemeriksaan dilapangan, dan menyampaikan tata cara prosedur untuk menjadi penangkar baru.

Di akhir acara ketua dan anggota kelompok tani menyampaikan kesiapan dalam mendukung kegiatan dari BPTP NTB dan siap untuk mengikuti prosedur sesuai ajuran teknologi (Nani Herwati, Nurul Agustini dan Ria Rustiana)

Web Analytics