Berita

Survey Sumber Daya Air Di Kabupaten Lombok Timur

Pin It

Kegiatan Survei Identifikasi Sumber Daya Air (SDA) di Kabupaten Lombok Timur telah dilaksanakan pada tanggal (16/1/2018). Kegiatan diawali dengan koordinasi ke UPP Kecamatan Wanasaba, dan tim bertemu secara langsung kepala  UPP dan Penyuluh setempat.

SDA yang akan diidentifikasi bersama dengan para PPL adalah potensi ketersediaan air permukaan berupa aliran sungai ataupun saluran irigasi yang dinyatakan sebagai debit air yang melewati luas penampang sungai/saluran, kedalaman air dan kecepatan aliran dan

Identifikasi Potensi Luas Lahan yang mampu diari oleh SDA

Pada waktu survey SDA berlangsung, perlu diperhatikan luas lahan yang mampu diari oleh SDA yang ditemukan. Karakteristik/identifikasi lahan target layanan yang diari ditentukan melalui estimasi luas, jenis tutupan lahan dominan, dan kemiringan lahan.

Tabel.1 Kriteria penetapan jenis infrastuktur panen air

No.

Parameter

Kondisi

Jenis Infrastruktur Panen Air

1.

Jenis Sumber air: aliran sungai

Debit minimum lebih besar dari 50 l/s, lebar sungai < 18 m, kedalaman < 1.5 m, perbedaan evaluasi sumber air dan lahan < 2 m, jarak sungai dan lahan < 2 km.

Dam Parit

2.

Jenis sumber air:aliran sungai, saluran irigasi, danau

Debit minimum lebih dari 25 l/s, lebar sungai lebih besar dari 18 m, kedalaman lebih besar dari 1.5 m, perbedaan elevasi sumber dan lahan < 100 m

Pemanfaatan air sungai (Pompanisasi)

3.

Jenis sumber air:curah hujan, saluran drainase, sungai intermitten (sungai yang kering saat musim kemarau)

Topografi sekitar lahan berombak berbukit yang merupakan daerah tangkapan air (DTA), dekat dengan saluran drainase atau sungai intermittent.

Dam Parit

4.

Jenis sumber air: curah hujan, saluran drainase, sungai intermittent, pasang surut sungai

Topografi sekitar datar, dekat dengan saluran drainase, sungai Intermittent, atau pasang surut sungai

Long Storage

5.

Jenis sumber air: air tanah

Kedalaman muka air tanah kurang dari 20 m

Sumur dangkal

Sumber: Petunjuk Teknis Implementasi Infrastruktur Panen air Th 2017, Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian.

Setelah berdiskusi dan menyatukan persepsi antara penyuluh dan Tim SDA BPTP Balitbangtan NTB, kegiatan dilanjutkan menjajaki pusat-pusat SDA yang kira-kira dianggap sesuai dengan penjelasan yang diberikan. Tim SDA bersama PPL setempat, selanjutnya melakukan suvey ke Desa Wanasaba lauk.

Hasil yang diperoleh selain SDA tim juga menemukan hamparan sawah sangat luas yang siap panen sekitar 170 Ha. Selanjutnya tim menemukan satu titik SDA yang setelah di lakukan identifikasi bersama termasuk kedalam Long Storage,  yang mampu mengairi sawah seluas 20 Ha. Tim melanjutkan perjalanan ke selatan dan menemukan titik SDA yaitu di Desa Wanasaba Lauk Kec. Wanasaba Kabupaten Lombok Timur, yang mampu mengairi sampai 50 Ha dan setelah dilakukan identifikasi bersama termasuk Long Storage.(Baiq.Ari Sudarmayanti)

Web Analytics