Berita

Distribusi Bibit “Kelapa Dalam” Varietas Mastutin Di Kab. Lombok Timur

Pin It

Benih “Kelapa Dalam” varietas Mastutin merupakan benih sumber dari kebun Induk Bangkong, Labuhan Badas dan Kebun Induk Labuhan Mapin, Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa dan memiliki dokumen resmi serta telah dilepas oleh menteri pertanian RI nomor : 434/kpts/KB.120/2015. dan Pesemaian telah dilakukan di Kebun Percobaan Sandubaya untuk selanjutnya distribusikan kepada petani berdasarkan CP/CL dari Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Timur.

Pendsitribusian Kelapa Dalam berlabel dari BPSB-BUN Provinsi NTB telah dilakukan oleh BPTP Balitbangtan NTB yang dirangkai dengan acara soialisasi CP/CL dan serah terima bibit tanaman perkebunan pada Kamis (8/2/2018) di Dusun Pijot Selatan Desa Pijot Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur. Turut hadir dari perwakilan Dinas Pertanian dan perkebunan Lombok Timur, Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian, Kepala Desa Pijot, petani kelapa Desa Pijot,  Peneliti dan penyuluh BPTP Balitbangtan NTB.

Kepala BPTP Balitbangtan NTB yang diwakili oleh DR. Yohanes G.Bulu dalam sambutannya menyampaikan bahwa BPTP Balitbangtan NTB telah siap mendukung program pemerintah dalam menyongsong tahun perbenihan 2018 dengan menyiapkan dan mendistribusikan bibit kelapa sebanyak 5780 pohon bibit untuk dihibahkan kepada petani sebanyak 54 orang dari target 50 orang, agar petani dapat terlibat langsung dalam proses penanaman sampai berhasil sehingga dapat diusulkan menjadi kebun bibit, jika berkembang bisa dijadikan kebun induk yang akan memproduksi benih kelapa Varietas Mastutin. BPTP Balitbangtan NTB  juga telah menyiapkan petunjuk teknis produksi kelapa dalam yang berisi panduan bagi petani dalam menerapkan teknologi budidaya kelapa.

Dalam Kesempatan yang sama  Kepala Dinas  Pertanian dan Perkebunan yang diwakili oleh Kabid-BUN  Ir. Asairil Kabir MSc  mengharapkan Desa Pijot dapat menjadi sentra produksi benih unggul kelapa dalam Mastutin untuk memenuhi kebutuhan bibit kelapa yang semakin berkurang di NTB, sehingga kesejahtraan petani akan meningkat  karena banyaknya permintaan orang yang menanam kelapa.Untuk mengatasi keterbatasan bibit kelapa  pemerintah Kabupaten Lombok Timur  telah mengalokasikan anggaran APBD TA. 2018 untuk membantu petani dalam mengembangkan pembibitan kelapa. Dirjen Perkebunan Kemnetrian pertanian juga akan membagikan bibit kelapa sebantyak 10.000 bibit.

Serah terima bibit kelapa  varietas Mastutin  dilakukan oleh kepala BPTP Balitbangtan NTB dalam hal ini diwakili oleh Dr. Yohanes Gelibulu, Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Perkebunan Lombok Timur Ir. Asairil Kabir MSc dan Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian yang diwakili oleh Bapak Ginto kepada ketua kelompok tani Setaya IV dan Pada Girang Desa Pijot.

Anggota Kelompok tani Setaya IV dan Pade Girang Desa Pijot langsung melakukan penanaman kelapa setelah menerima (8-9/2/2017)  pada lahan seluas 40,4 ha, termasuk penanaman yang dilakukan oleh siswa Madrasah Aliyah Keruak seluas 15 are sebanyak 25 pohon. (MF Matenggomena, Yohanes Gelibulu)

Web Analytics