Berita

Bawang Putih Varietas Lokal Sangga Sembalun Mendukung Perbenihan

Pin It

Balai Pengakajian teknologi Balitbangtan NTB  mengembangkan Varietas lokal Sangga Sembalun di Desa Sembalun Kabupaten Lombok Timur dalam rangka mendukung program swasembada bawang putih Kementerian Pertanian tahun 2019 dan pemenuhan kebutuhan benih lokal  di NTB.

Tim pengkaji BPTP  Balitbangtan NTB telah melakukan  penanaman benih bawang putih Lokal Sembalun pada lahan seluas 4 ha sebanyak 3200 kg bulan Desember 2017 lalu.. Pada Jum`at (3/2/2018) tim pengkaji BPTP Balitbangtan NTB melakukan pengamatan lapangan untuk mengetahui kondisi agronomi tanaman dan jenis OPT, untuk segera dilakukan pengendalian pada umur 30 hari setelah tanam.

Teknologi produksi benih diadopsi  dari  Balai Penelitian Tanaman Sayuran diantaranya  penaburan delomit 750/ha, penggunaan pupuk kandang 10 ton/ha, pupuk dasar NPK (16:16:16) 350kg/ha, Za 200 kg/ha, KCL 250 kg/ha, varietas lokal Sangga Sembalun dibutuhkan rata-rata 8 kwintal/ha dengan jarak tanam 15 x 10; dan penggunaan mulsa. Perawatan, pengawasandan pemeliharaan tanaman agar terhindar dari serangan OPT. Hal yang menarik adalah  petani ikut yaitu mereka bersedia melakukan penanaman bawang putih  diluar musim dimana petani terbias menanam bawang putih pada bulan Mei - Juni.(M.Faesal Matenggomena)

Web Analytics