Berita

Distribusi Bibit Jambu Mente Mendukung Perbenihan tahun 2018

Pin It

Dalam rangka menyongsong tahun perbenihan Jambu Mente pada tahun  2018 maka BPTP Balitbangtan NTB telah menyiapkan benih Jambu Mente   di lokasii persemaian Kebun Percobaan  BPTP Balitbangtan NTB Sandubaya Kabupaten Lombok Timur untuk didistribusikan kepada petani jambu mete di NTB. Untuk tahun 2018 target distribusi sebanyak 10.000 bibit  Jambu Mente  kepada petani yang ditetapkan berdasarkan calon petani dan calon lokasi (CP/CL) oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lombok Timur

Bibit jambu mente varietas Flotim I yang telah mendapat sertifikat dan label dari Balai Pegawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Perkebunan (BPSB-BUN) Provinsi NTB telah distribusikan oleh tim pengkaji jambu mente BPTP Balitbangtan NTB pada Selasa (2/01/2018) di Kelompok Tani Mele Pacu Dusun Pengendangan Desa Sambalia Kecamatan Sambalia Kabupaten Lombok Timur. Distribusi Bibit jambu mente diserahkan langsung oleh penanggung jawab kegiatan jambu mente  kepada PPL Sambalia dan  Ketua kelompok tani Mele Pacu sebanyak 3000 bibit.

Menurut Ir. Sudarto peneliti BPTP Balitbangtan NTB, pendistribusian bibit jambu mente telah melalui prsosedur yang tepat waktu dan tepat sasaran, mulai dari persiapan benih unggul, persemaian, pelabelan dan pendistribusian sesuai dengan  CP/CL. Jambu mente yang diterima oleh petani langsung ditanam pada lahan kelompok tani seluas 30 hektar dengan jarak tanam ( 8 x 10) meter. Jarak tanam tersebut bertujuan untuk tanaman eksisting (jagung,padi gogo,dan kacang-kacangan) yang ditanam diantara jambu mente setiap musim tanam, sehingga petani mendaptakan dua manfaat yaitu hasil tanaman musiman dan tanaman tahunan.

Disampaikan juga bahwa BPTP Baltbangtan NTB akan terus mendampingi petani agar  bibit berlabel yang  didistribusikan kepada petani bisa dijadikan  sumber benih untuk  memenuhi kebutuhan perebenihan nasional tahun 2018 di NTB. (M. Faesal Matenggomena)

Web Analytics