Berita

Menyongsong Tahun Perbenihan Nasional 2018: BPTP Balitbangtan Siapkan Benih Kelapa dan Jambu Mente Untuk Petani

Pin It

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan NTB  telah melaksanakan kegiatan pesemaian benih kelapa dalam dan jambu mente  untuk masyarakat NTB di Kebun Percobaan (KP Sandubaya), Kabupaten Lombok Timur untuk  mendukung pengembangan komoditi perkebunan melalui anggaran APBN Perubahan tahun 2017, dan penyebarannya akan dilaksanakan pada tahun 2018.

Kepala BPTP Balitbangtan NTB Dr. Ir M. Saleh Mokhtar, MP telah melaksakanakan monitoring dan evaluasi di Kebun Percobaan (KP) Sandubaya didampingi tim pengkaji perbenihan Kelapa dalam dan Jambu Mente pada Rabu (26/10/2017). Selanjutnya Saleh Mokhtar menyampaikan Bahwa di KP Sandubaya akan dibangun sarana untuk mendukung kegiatan perbenihan komoditi tanaman pangan, holitukultura,  dan perkebunan diantaranya rumah benih, pemanfaatan sumber daya air menggunakan pompa air, Screen House dan gudang penyimpanan benih.

Dalam kesempatan yang sama Dr. Ir. Yohanes G. Bulu, MSi selaku penanggung jawab kegiatan menyampaiakan  bahwa persemaian kelapa dalam  varietas Mastutin berasal dari kebun induk Bangkong, Labuhan Badas dan Kebun Induk Labuhan Mapin, Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa, sesuai SK Mentan nomor 434/kpts/KB.120/7/2015 sebanyak 6000 butir, diharapkan bisa berkecambah 85% sehingga bisa memenuhi target 5780 pohon bibit.

Disampaikan bahwa BPTP Balitbangtan NTB juga menyiapkan benih Jambu Mente sebanyak 11.000 bijivarietas Flotim –1 (MPF-1) yang berasal dari benih sumber Kebun Induk Kelompok Tani Nubun Tawa Desa Buluk Hering Kecamatan Jewo Lema Kebupaten Flores Timur NTT sesuai SK Mentan nomor 66/Kpts/KB.020/10/2016, dengan target pohon bibit jambu mente sebanyak 10.000 pohon Lebih lanjut Yohanes menegaskan bahwa pembibitan ini harus berdasarkan dokumen yang resmi sehingga dapat dipertanggung jawabkan karena akan menghasilkan bibit yang bersertifikat oleh BPSPBUN Provinsi NTB. Persemaian kelapa dalam dan jambu mete di dalam polybag telah dimulai pada bulan September dan awal Oktober dengan harapan setelah 5 bulan ke depan bibit sudah dapat distribusikan kepada petani berdasarkan SK dan CPCL yang sudah ditetapkan oleh Dinas Pertanian Provinsi NTB, Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Timur, Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah dan Dinas Pertanian Kabupaten Lombok  Utara.

Dalam upaya tercapainya tujuan dari program ini  tim akan terus melakukan koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait agar pendsitribusian bibit dapat tercapai dan tepat sasaran. (Yohanes G, MF Matenggomena, Ika)

Web Analytics