Berita

BPTP Balitbangtan NTB mendapat Tugas Memproduksi Benih Sebar Bawang Putih Bersertifikat 100 Ton

Pin It

Provinsi Nusa  Tenggara Barat salah satu daerah penghasil bawang putih terbesar di Indonesia khususnya di daerah dataran tinggi Sembalun Kabupaten Lombok timur. Untuk ituBPTP  Balitbangtan NTB mendapat tugas dari Kementerian Pertanian untuk memproduksi benih sebar bawang putih bersertifikat dalam mendukung swasembada bawang putih di Indonesia pada tahun 2019. Hasil kegiatan perbenihan benih sebar bawang putih yang akan dilakasanakan pada bulan Oktobers ampai dengan bulan Desember 2017 ini diharapkan dapat diperoleh benih bawang putih bersertifikat sebanyak 100.000 Kg yang akan dihibahkan kepada masyarakat berdasarkan CPCL yang ditetapkan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB. Kegiatan Perbenihan dilaksanakan di Desa Sajang Kecamatan Sembalun pada lahan seluas 20 ha melalui dukungan dari petani, PPL, Pemerintah Daerah, Peneliti Balitsa, dan instansi terkait. Demikian sambutan Kepala BPTP Balitbangtan NTB Dr. Ir. Saleh Mokhtar MP pada acara focus Group Discussion (FGD) “Dukungan Kegiatan Perbenihan Benih Sebar Bawang Putih di NTB”, pada Senin (23/10/2017) diruang sidang BPTP Balitbangtan NTB.peserta yang hadir berjumlah 49 orang terdiri dari unsure dinas terkait Provinsi dan kabupaten Lombok Timur, petani, penangkar dan penyuluh pertanian serta Camat Sembalun Kabupaten Lombok Timur.

Sementara itu Baiq Nurul Hidayah MSi sebagai penanggung jawab kegiatan dalam pengantarnya menjelaskan bahwa tujuan FGD bawang putih yaitu untuk menginformasikan rencana perbenihan bawang putih yang akan dilaksanakan oleh BPTP Balitbangtan NTB tahun 2017, untuk menggali informasi, kegiatan, masalah dan kendala dalam kegiatan pembibitan dan produksi budiadaya bawang putih, dan merumuskan solusi dan memantapkan rakitan paket teknologi produksi benih sebar bawang puitih spesifik lokasi.

FGD di pandu oleh Kepala BPTP Balitbangtan NTB dengan nara sumber dari Dinas Pertanian dan Perkebunan, Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Pertanian Provinsi NTB, Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Timur,  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geoifisika kelas I Lombok  Barat, serta peneliti Balitsa. Dalam diskusi peserta banyak memberikan masukan tentang perbenihan dan pengalaman budidaya bawang putih dan kendala yang dihadapi serta saran dari nara sumber dapat dijadikan bahan untuk pengembangan perbenihan bawang putih. (MF. Matengomena)

Web Analytics