Berita

Mesin Pemecah Dan Pemisah True Shallot Seed (TSS) Berkualitas

Pin It

BPTP Balitbangtan NTB telah berhasil menghasilkan benih bawang merah berupa biji dengan mutu yang baik atau True Seed of Shallot (TSS) dan tahan penyakit dalam usahatani bawang merah penggunaan TSS lebih efisien digunakan oleh petani dibandingkan dengan benih dari umbinya .

Untuk memproses bunga bawang merah  menghasilkan TSS yang lebih berkualitas, maka Balai Besar Penelitian Alat mekanisasi Pertanian Serpong telah menugaskan  seorang perekayasa yang ditemai dua teknisi Litkayasa memperkenalkan sekaligus melakukan uji coba aplikasi mesin prosesing pemecah dan pemisah  biji bawang merah (TSS) pada hari Kamis (19/10/2017)di UPBS BPTP Balitbangtan NTB. Disaksikan tim TSS BPTP Balitbangtan, dan beberapa staf sertifikasi BPSB Provinsi NTB serta seluruh staf UPBS.

Penaggung jawab kegiatan Ir. Muji Rahayu MSi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Tim BB Mektan sebagai narasumber untuk mentransfer  pengetahuan dan keterampilan kepada tim Pengkaji TSS dari BPTP Balitbangtan NTB sekalikgus mendemontrasikan operasional mesin prosesing TSS dan menghibahkan alat tersebut . BPTP Balitbangtan NTB mencanangkan target produksi  TSS pada tahun 2018 3 kali lebih besar dari tahun 2017.

Menurut Perakayasa BB Mektan Dr Roes Meka, BB Mektan telah mendesain model mesin untuk memecahkan katub bunga bawang merah sehingga terpisah dari biji dan memisahkan biji  dari kotoran sisa bunga. Lebih lanjut disampaikan Roes Meka bahwa mesin TSS ini dapat memprosesing dengan baik pada bunga bawang merah  setelah dikeringkan dengan kadar air sekitar 8% untuk memudahkan prosesing, kadar air demikian diindikasikan bunga terasa remah jika diremah  Mesin tersebut akan terus dikembangkan lebih lanjut agar hasil TSS lebih baik.  Disamping itu sedang dekembangkan alat mekanisai pengering TSS yang akan  dikirimke BPTP Balitbangtan NTB untuk dilakukan ujicoba.

Selanjutnya tim Teknik litkayasa BB Mektan mendemontrasikan mesin pemecah dan pemisah TSS dengan tahapan memasukan bunga yang sudah kering kedalam alat pemecah bunga hingga menghasilkan biji bawang yang benar-benar terpisah dari  bunganya, selanjutnya biji bawang  dimasukan ke dalam alat pemisah biji bawang yang dapat membersihakan semua kotoran bekas bunga yang masih menempel sehingga menghasilkan benih TSS yang bersih dan siap dikemas.(MF.Matenggomena).

Web Analytics