Berita

Sosialisasi myAgri Di BPTP Balitbantan NTB

Pin It

MyAgri adalah perangkat lunak sistem informasi budidaya tanaman sayuran yang dikembangkan oleh Balai Penelitian Sayuran (Balitsa) Balitbangtan Kementerian Pertanian dan Wegening University and Research Netherlands. Untuk memperkenalkan system informasi tersebut, telah dilakukan sosialisasi myAgri pada hari Rabu (18/10/2017)  di ruang sidang BPTP Balitbangtan NTB. Acara sosialisasi myAgri dihadiri oleh 50 orang peserta terdiri dari peneliti, penyuluh BPTP Balitbangtan NTB dan Penyuluh Balai Diklat Pertanian Provinsi NTB

Aplikasi myAgri disampaikan oleh 2 peneliti Balitsa yaitu Ir. Tony K. Moekasan dan Dr. Witono sebagai narasumber. Acara dibuka oleh ketua Kelji Budidaya Baiq Nurul Hidayah MAgrSc yang mewakili kepala BPTP Balitbangtan NTB sekaligus menyampaikan sambutan.

Dalam pengantarnya DR  Witono menyampaikan bahwa Sistem Informasi Budidaya tanaman sayuran berbasis Android ini bertujuan untuk memudahkan tugas pendampingan kepada petani agar dapat menggunakan pestisida secara tepat. MyAgri sangat penting karena dapat memberikan informasi antara lain tentang jenis pesetisida dan cara penggunaan secara tepat  oleh pengguna berdasarkan rekomendasi dari komisi pestisida Nasional.

Selanjutnya Ir Tony K. Moekasan memaparkan cara aplikasi myAgri dengan menggunakan operasi android dapat di unduh di play store. Ada beberpa langkah untuk  mengaplikasikan  Androd yaitu ;buka aplikasi play store, pada kolom pencarian tulis myAgri, pilih aplikasi myAgri yang dikembangkan oleh Erlangga Studiio, lakukan pengunduhan dengan ukuran data 16 mb. Informasi akan tersedia pada fiture myAgri espert informasi varietas sayuran, OPT tanaman sayuran, Budidaya tanaman sayuran, Perhitungan kebutuhan pupuk, tingkat bahaya pestisida, cara kerja pestisida, penyemprotan pestisida,pengendalian OPT, dan jenis pestisida.

Peserta sangat antusias terhadap informasi terbaru tentang aplikasi myagri. Banyak pertanyaan yang disampaikan peserta terutama permasalahan yang sering ditemui pada kegiatan pendampingan teknologi. Dengan MyAgri setidakna dapat memberikan solusi terhadap penanganan masalah di lapangan . (M.F Matenggomena)

Web Analytics