Berita

Penyuluhan Manajemen Pemeliharaan Ternak Sapi Pada Kelompok “Ikhitiar” Di Desa Pagutan, Kec. Batukliang, Kab.Lombok Tengah

Pin It

Kelompok Ikhtiar adalah kelompok peternak sapi yang berada di desa Pagutan Kecamatan Batukliang Selatan, Kabupaten Lombok Tengah. “Ikhtiar” adalah kelompok binaan yang baru mendapatkan pendampingan dari BPTP NTB.  Minimnya pengetahuan peternak sapi terhadap manajemen pemeliharaan sapi adalah karena kurangnya penyuluhan baik intensitas maupun yang dibutuhkan. Peternak masih minim informasi terkait dengan teknologi peternakan sapi.  Oleh karena itu melalui Kegiatan Pendampingan Kawasan Peternakan Sapi Potong dilaksanakan beberapa kegiatan antara lain : akan dilakukan praktik pembuatan kompos. karena saat ini kotoran ternak sapi dibiarkan di sekitar kandang belum dikelola dengan baik .  Hal ini dapat berdampak negatif terhadap lingkungan, mengingat lokasi kandang komunal tidak jauh dari pemukiman.

Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peternak maka BPTP Balitbangtan NTB pada hari Kamis (7/9/2017) telah melakukan penyuluhan  tentang manajemen pemeliharaan sapi kepada semua anggota kelompok. Hadir dalam pertemuan tersebut dari UPTD Kesehatan Hewan Kecamatan Batukliang Selatan yaitu paramedis dan petugas IB.

Dalam kesempatan tersebut Penyuluh BPTP Balitbangtan NTB menyampaikan informasi teknolohiterkait hasil-hasil pengkajiana kerjasama BPTP NTB dengan ACIAR antara lain tehknik memperkirakan berat badan sapi dengan pita ukur yang  digunakan dalam memperkirakan berat badan sapi, memperkirakan waktu beranak berdasarkan waktu sapi dikawinkan;  manajemen pemeliharaan anak sapi;  dan skor kondisi ternak sapi betina.  Cukup besar antusias anggota kelompok untuk dapat menerima informasi tersebut,  seperti Ibu Yul yang selama ini aktif dalam kelompok “Ikhtiar”. Ibu Yul adalah  salah satu anggota  yang cukup cerdas dan mudah menerima terhadap apa yang disampaikan.   sDiharapkan para peternak yang telah mendapatkan informasi teknologi  dari penyuluhan tersebut, dapat menerapkan pengetahuannya dalam usaha ternak sapi yang dilakukannya, sehingga dapat melakukan usaha ternak sapi dengan lebih baik dan pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan peternak (Nurul Agustini dan Sasongko WR )

Web Analytics