Berita

Kunjungan Siswa-Siswi SD Islam Terpadu Anak Soleh Mataram Ke BPTP Balitbangtan NTB

Pin It

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan NTB mempunyai tugas pelayanan pada masyarakat NTB. Salah satu tugas layanan tersebut adalah menyebarluaskan informasi inovasi pertanian hasil penelitian Badan Litbang Pertanian dengan memberikan pengetahuan melalui berbagai kegiatan  pengkajian dan desiminasi inovasi petanian, pendampingan petani, serta menerima kunjungan bagi masayarakat yang ingin mengetahuai informasi di BPTP NTB.

Pada Selasa (29/08/2017), BPTP NTB menerima kunjungan 30 orang siswa siswi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Anak Soleh Kota Mataram. Tujuan kedatangan adalah untuk mempelajari pertumbuhan tanaman dan hewan (ternak); mempelajari tanaman-tanaman langka yang dapat secara langsung dilihat oleh siswa. Rombongan didampingi oleh 3 orang Guru pendamping diterima oleh Kepala Seksi Kerja Sama dan Pelayanan Pengkajian (KSPP) BPTP Balitbangtan NTB.

Kepala Seksi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian Dr.Ir.Sasongko WR, dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui kunjungan ini, anak-anak secara langsungdapat menimba ilmu tentang tumbuhan dan hewan secara langsung.M. Khoiri.AMA pimpinan rombongan yang mendampingi siswa siswi  SD IT Anak Soleh, dalam pengantarnya menyampaikan maksud kedatangan siswa-siswi untuk mendapatkan pengetahuan tentang berbagai koleksi tanaman dan ternak yang ada di BPTP Balitbangtan NTB, dan hal ini merupakan salah satu bidang pelajaran untuk kunjungan siswa-siswi SD IT Anak Soleh Mataram.

Pada kesempatan ini anak-anak siswa-siswi  melihat beberapa koleksi tanaman yang ada di Kebun Bibit dan Taman Agroinovasi; serta ternak kambing dan ayam  di visitor BPTP Balitbangtan NTB.Sebelum mengunjungi berbagai koleksi tanaman dan ternak para siswa dan siswi menyaksikan tayangan vidio yang berjudul “Pengembangan Ayam KUB di NTB” diruang sidang utama BPTP Balitbangtan NTB. Para siswa dan siswi sangat senang dengan tayangan video yang disajikan dan disela-sela penayangan video tersebut siswa-siswi berdiskusi dan tanya jawab tentang ternak ayam.

Selanjutnya rombongan mengunjungi kebun percobaan BPTP NTB yang merupakan visitor plot inovasi teknologi hasil pengkajian BPTP Balitbangtan NTB.Siswa-siswidiminta mencatat tanaman yang dilihatdi Kebun Bibit Induk (KBI) dengan mendapatkan penjelasan dari Penyuluh dan Peneliti BPTP Balitbangtan NTB pada jenis-jenis tanaman seperti cabai,terong dan tanaman koleksi SDG disertai denga cara perkembangan biakannya.

Setelah melihat berbagai koleksi tanaman di Kebun Bibit Induk siswa-siswi mendapat kesempatan melihat ternak ayam KUB, itik PMp, kambing PE dan berbagai koleksi tanaman pakan ternak di visitor aneka ternak. Didampingi oleh penyuluh dan peneliti bidang peternakan,siswa-siswi SD IT Anak Soleh Mataram sangat senang dan bersemangat dengan menanyakan berbagai cara perkembangbiakan ternak tersebut.

Pada akhir rangkaian kunjungan,Guru Pendamping SD IT Anak Soleh Mataram memberikan bingkisan kepada BPTP Balitbangtan NTB yang diterima oleh Kasi KSPP BPTP Balitbangtan NTB sebagai bentuk kenang-kenangan dari siswa-siswi dan selanjutnya foto bersama di depan Taman Agroinovasi. (Nurul Agustini)

Web Analytics