Berita

Halal Bi Halal Keluarga Besar BPTP Balitbangtan NTB 1438 H/2017

Pin It

BPTP Balitbangtan NTB setiap tahun setelah selesai melaksanakan ibadah puasa Ramadhan selalu melaksanakan halal bihalal sebagai tradisi untuk menjalin sialturrahim dan saling memaafkan antar karyawan dan keluarga besar BPTP Balitbangtan NTB. Halal bi halal keluarga besar BPTP Balitbangtan NTB 1438 H/2017 dilaksanakan pada Selasa (11/07/2017) bertempat di Halaman Kantor BPTP Balitbangtan NTB dengan tema “Dengan Semangat Idhul Fitri 1438 Hijriah Kita Pupuk Kebersamaan Untuk Meningkatkan Etos Kerja Yang Amanah”.Turut hadir dalam acara Halal Bi Halal  Kepala BPTP Balitbangtan NTB , Kepala UPT Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB yang berlokasi di Narmada, Camat Narmada, Kepala Desa Presak, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, keluarga besar BPTP Balitbangtan NTB baik yang masih  aktif maupun yang sudah purnabhakti.

Acara halal bi halal diawali dengan pembacaan Surat Al-Fatihah khusus ditujukan kepada karyawan yang telah meninggal dunia, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat Al-Qur’an oleh qori’ Abdul Hamid. Kepala BPTP Balitbangtan NTB Dr.Ir. M. Saleh Mokhtar MP dalam sambutannya menyatakan bahwa Halal Bi Halal merupakan tradisi yang baik sebagai sarana silaturahim untuk mewujudkan kebersamaan dan kekompakan sehingga terjalin komunikasi dan kerja sama yang baik di-antara keluarga besar BPTP Balitbantan NTB. Terjalinnya rasa kebersamaan tersebut diharapkan akan berpengaruh terhadap peningkatan efektivitas dan etos kerja setiap karyawan dalam menjalankan tugas sehari-hari untuk mencapai kinerja yang maksimal.

Lebih  lanjut Saleh Mokhtar menjelaskan bahwa BPTP Balitbantan NTB mempunyai tugas pokok melakukan pengakajian dan diseminasi teknologi pertanian spesifik lokasi untuk mendukung pembangunan pertanian dan melayani masyarakat di  NTB. BPTP Balitbantan NTB telah banyak menghasilkan teknologi yang sesuai dengan kondisi NTB dan telah dimanfaatkan oleh masyarakat NTB antara lain teknologi peningkatan produktivitas padi, jagung, kedelai dan penggemukan sapi serta budidaya ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB).

Selanjutnya uraian dan hikmah halal bi halal disampaikan oleh Dr Zaidi Abdad, MA (Dosen Universitas Islam Negeri Mataram). Dalam uraiannya Dr. Zaidi Abdad menyampaikan bahwa dalam hidupnya manusia membutuhkan rasa kasih sayang baik dari Allah SWT maupun dari sesama manusia. Oleh karena itu Allah SWT memerintahkan  manusia untuk mempererat hubungan dengan Allah dan juga hubungan dengan sesama manusia. Manusia yang mengingkari ayat-ayat Allah akan diliputi kehinaan dimana saja berada sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an Surat Ali Imran (12). Untuk menumbuhkan rasa kasih sayang dalam hubungan dengan sesama manusia maka perlu menyambung hubungan silaturahim termasuk didalamnya melalui kegiatan Halal Bi Halal.

Disampaikan pula oleh Ustazd Zaidi   bahwa kegiatan Halal Bi Halal juga untuk membangun kebersamaan masyarakat Indonsia yang terikat dalam Bhineka Tunggal Ika agar dalam kehidupan berbangsa tetap hormonis, rukun tanpa melihat perbedaan agama dan suku. Acara halal Bi halal diakhiri dengan acara ramah tamah dan saling bersalaman antara keluarga besar BPTP Balitbangtan NTB dan tamu undangan lainnya.. (MF. Matenggomena dan Nurul A)

Web Analytics