Berita

BPTP Balitbangtan NTB Menerima Kunjungan Mahasiswa-Mahasiswi Program Studi Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Mataram

Pin It

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Nusa Tenggara Barat merupakan unit kerja Badan Litbang Kementerian Pertanian memiliki tugas dan fungsinya untuk melakukan pengkajian dengan menghasilkan inovasi teknologi dan disminasi di bidang pertanian.

Untuk melaksanakan tugas dan fungsinya tersebut, BPTP NTB terus malakukan pelayanan dan kerjasama kepada masyarakat, beberapa stakeholder, mahasiswa dan siswa di NTB. Pada hari Jumat (19/05/2017), BPTP Balitbangtan NTB mendapat kunjungan dari mahasiswa/mahasiswi program studi Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Mataram (UNRAM).

Tujuan dari kunjungan mahasiswa-mahasiswa program studi Agribisnis Sosial Ekonomi  (SOSEK) Pertanian Universitas Mataram ini adalah untuk mendapatkan  pengetahuan dan wawasan dalam program ITC (Information Teknologi Class) yang sedang dilaksanakan di BPTP Balitbangtan NTB.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala BPTP Balitangtan NTB,yang diwakili oleh Kepala Tata Usaha Kepegawaian BPTP Balitbangtan NTB  Ir.M.Sofyan Souri, Ketua Kelji Sosek BPTP Balitbangtan NTB Dr.Ir.Johanes G.Bulu.MSi,  Seksi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian yang diwakili oleh Dr.Drh.Nurul Hilmiyati,MVs,  Koordiantor Mahasiswa program Studi Sosek Pertanian Universitas Mataram M.Ardian, Mahasiswa/Mahsiswi progra studi Sosial ekonomi fakultas Pertanian Universitaas Mataram, serta Peneliti dan Penyuluh BPTP Balitbangtan NTB.

Dalam Sambutannya Ir.M.Sofyan Souri menyampaikan apresiasi atas kunjungan mahasiswa-mahasiswi program studi Sosek Pertanian UNRAM dan semoga kunjungan ini dapat bermanfaat. Lebih lanjut Sofyan Souri menyampaikan bahwa BPTP Balitbangtan NTB merupakan salah satu Unit Pelayanan Teknis Badan Litbang Kementerian Pertanian yang memiliki tugas utama adalah mempersiapkan dan menyediakan teknologi tepat guna spesifiklokasi kepada stakeholder atau penguna. Selain itu BPTP juga memiliki tugas pendampingan teknologi untuk 7 komoditas strategis nasional yaitu padi, jagung, kedelai, sapi,bawang merah,cabai dan tebu atau disingkat “Pajalebabesate”, Sehingga BPTP Balitbangtan NTB berkewajiban menyediakan teknologi untuk 7 komoditas tersebut. Selain itu pula BPTP Balitbangtan NTB memiliki tugas tambahan untuk menyebarkan bibit cabai dan ayam KUB dalam mensukseskan program pemerintah “Gerakan Tanam Cabai Teintegrasi Dengan Unggas di pekarangan” atau “Tancabgas” kepada organisasi-organisasi wanita maupun kelompok tani.

Lebih lanjut disampaikan Sofyan Souri bahwa selain menyediakan teknologi BPTP Balitbangtan NTB mempunyai tugas menyebarkan informasi atau mendiseminasikan hasil-hasil pengkajian teknologi baik melalui media tercetak, elektronik  dan melalui website BPTP Balitbangtan NTB.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Kelji Sosek Pertanian BPTP Balitbangtan NTB Dr.Ir.Johanes G.Bulu berpesan bahwa mahasiswa-mahasiswi harus banyak berkreativitas dalam menulis,”mempelajari sosek itu tidak hanya mempelajari ekonominya saja tetapi juga perlu bidang sosialnya yaitu sosiologi,maupun fisiologis sosial.

Setelah disampaikannya sambutan dari wakil Kepala BPTP Balitbangtan NTB dan Ketua Kelji Sosek Pertanian BPTP Balitbangtan NTB, dalam sesi diskusi mahasiwa-mahasiswi diberi kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan yang terkait teknologi hasil pengkajian dan upaya-upaya BPTP Balitbangtan NTB untuk  mendiseminasikan hasil pengkajian tersebut ke pengguna atau steakholder di NTB. Selanjutnya pada akhir acara mahasiwa-mahasiswi program studi Sosek Pertanian UNRAM diberi kesempatan mengunjungi Kebun Bibit Induk (KBI), Taman Agro, Unit Pelayanan Benih Sumber (UPBS), Visitor plot kebun percobaan dan aneka ternak BPTP Balitbangtan NTB. (Nurul Agustini)

Web Analytics