Berita

Penanda Tanganan Perjanjian Kerjasama Dan Bimbingan Teknis Teknologi Budidaya Cabai Dan Unggas Bagi Pengurus Muslimat NU Provinsi NTB

Pin It

Dalam rangka mendukung program Gerakan Tanam Cabai Nasional di Nusa Tenggara Barat Balai Pengkajian teknologi Balitbangtan (BPTP)  NTB melaksanakan kerjasama dengan berbagai organisasi wanita di NTB, salah satu diantaranya adalah dengan Muslimat NU.

Penandatangan Perjanjian kerjasama antara BPTP Balitbangtan NTB dengan Muslimat NU Provinsi NTB telah dilaksanakan pada hari Kamis ( 20/04/2017) bertempat di ruang sidang BPTP Balitbangtan NTB, dihadiri 25 orang Pengurus wilayah dan cabang Muslimat NU Provinsi NTB dan Kabupaten/ Kota se Pulau Lombok. Hadir pula para Peneliti dan Penyuluh BPTP Balitbangtan NTB. Acara tersebut juga dirangkaikan  dengan  Bimbingan teknis  teknologi budidaya  cabai, beberapa jenis sayuran, pengenalan hama penyakit, teknologi pasca panen cabai, dan teknologi pemeliharaan ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) oleh Penyuluh dan Peneliti BPTP Balitbangtan NTB.

Sekretaris pengurus wilayah  Muslimat NU Provinsi NTB Baiq Muliana SAg. MPd menjelaskan bahwa muslimat NU mempunyai tugas keumatan antara lain menjaga agama pada diri seseorang khususnya dengan meningkatkan sumber pendapatan ibu rumah tangga agar tidak jatuh kepada kemiskinan. Salah  satu jalan ikhtiar Muslimat NU yaitu melaksanakan kerjasama dengan Kementerian Pertanian di tingkat pusat, dan ditindaklanjuti oleh muslimat NU provinsi NTB bersama BPTP Balitbantan NTB untuk membangun ekonomi rumah tangga dengan program menanam cabai dan memelihara unggas di halaman rumah.

Kepala BPTP Balitbantan NTB Dr.Ir.M.Saleh Mokhtar,MP dalam Sambutannya menyampiakan bahwa program Gerakan Tanam  Cabai Terintegrasi Dengan Unggas akan dapat memberikan manfaat bagi ibu rumah tangga sebagai tambahan pendapatan dan sangat cocok sekali dengan tujuan dari program Muslimat NU. “ Kami BPTP Balitbangtan  NTB memiliki tenaga ahli yang siap memberikan pelayanan bimbingan teknologi spesifik lokasi kepada masyarakat NTB”, demikian ditegaskan Saleh Mokhtar

Sebagai tindak lanjut kerjasama ini BPTP Balitbantan NTBmenyiapkan bibit cabai yang diserahkan secara secara simbolis kepada Muslimat NU sejumlah 25.000 batang Diharapakan setelah selesai acara bimbingan teknis, anggota Muslimat NU bisa membawa serta bibit cabai yang telah disiapkan dan langsung di tanam di halaman rumah sesuai ilmu yang didapatkan pada hari ini.

Peserta bimbingan teknis sangat antusias sekali menerima ilmu pengetahuan tentang teknologi yang dipaparkan oleh para peneliti tim Gertam Cabai BPTP Balitbangtan NTB, karena pemaparan materi disampaikan langsung dengan prakteknya.  (MF. Matenggomena)

Web Analytics