Berita

Talkshow Gertam Cabai Dalam Rangka HUT IWAPI Ke-42 Di Kota Mataram

Pin It

Kementerian Pertanian telah melaksanakan perjanjian kerjasama dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) untuk mensukseskan Gerakan Nasional  Tanam Cabe (Gertam). Implementasi Perjanjian Kerjasama  tersebut ditindaklanjuti oleh BPTP Balitbangtan NTB selaku Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pertanian dengan  IWAPI NTB.

Dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun IWAPI Ke-42 Kapala BPTP Balitbangtan NTB diminta sebagai narasumber dalam acara Talk Show terkait Program Tanam Cabai Terintegrasi dengan Unggas (Tancab Gas) pada hari senin (20/02/2017) di Gading Guest House Mataram. Turut hadir  adalah anggota DPD RI selaku Ketua IWAPI NTB, Ketua Kadin NTB, Kadis Perindustrian NTB, Perwakilan Balai POM Mataram, , Mikro Analis Bank Syariah Mandiri, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Mataram, sesepuh IWAPI, anggota IWAPI dari seluruh kabupaten/kota se NTB.

Ketua  IWAPI NTB Hj Baiq Diyah Ratu Ganevi dalam sambutannya mengungkapkan bahwa keberadaan IWAPI di NTB sangat penting dalam upaya mendorong kemajuan ekonomi di NTB. Berbagai kegiatan telah dilaksanakan oleh IWAPI NTB diantaranya dengan merangkul sejumlah pengusaha wanita untuk berkomitmen mendukung terciptanya iklim usaha yang baik di NTB.

Lebih lanjut Baiq Diyah menyampaikan bahwa IWAPI juga menjalin kerjasama yang baik dengan BPTP Balitbangtan NTB untuk pemberdayaan ekonomi rumah tangga melalui gerakan tanam cabai di pekarangan rumah. Dengan menanam cabe akan dapat membantu meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga.

Kepala BPTP Balitbangtan NTB Dr. Ir. M. Saleh Mokhtar, MP menyampaikan bahwa sesuai arahan Menteri Pertanian, BPTP Balitbangtan  NTB ditugaskan menyiapkan bibit cabai sebanyak 500.000 batang yang akan distribusikan secara bertahap kepada masyarakat melalui organisasi wanita di NTB antara lain Tim Penggerak PKK dan IWAPI Provinsi dan Kab/kota se-NTB. Disamping menyiapkan bibit cabe, BPTP Balitbangtan NTB juga menyiapkan teknologi ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) beserta Juknis dan tenaga ahli sebagai narasumber budidaya cabe dan pemeliharaan ayam KUB.

Pada kesempatan tersebut Kepala BPTP Baltbangtan NTB menyerahkan secara simbolis bibit cabai sebanyak 2.500 batang dan ayam KUB kepada Ketua IWAPI NTB.(MF. Matenggomena)

Web Analytics