Berita

Road Show Gerakan Tanam Cabai BPTP NTB Bersama Tim Pengerak PKK Provinsi NTB di Kabupaten Lombok Tengah

Pin It

Salah satu bentuk kegiatan dalam rangka peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Prov NTB tahun 2017 adalah Roadshow gerakan penanaman cabai nasional guna meningkatkan kualitas dan kuantitas pangan keluarga di Provinsi Nusa Tenggara Barat.  Roadshow direncanakan berlangsung sejak Februari hingga  2 Maret 2017 di seluruh kabupaten dan kota se NTB. Untuk Kabupaten Lombok Tengah Tim Penggerak (TP) PKK Prov NTB bekerjasama dengan BPTP Balitbangtan NTB dan SKPD terkait kegiatan Road Show ini  dilaksanakan pada hari Senin (13/02/ 2017).  dipusatkan di kantor Desa Bilebante Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah. Acara Road Show dibuka oleh Bupati Lombok Tengah yang diwakili oleh Ketua (B2AKP). .Dalam sambutannya... menekankan bahwa PKK memiliki peran yang strategis dalam membantu pemerintahmengurangi angka perdagangan perempuan, kesenjangan sosial ekonomi serta kekerasan wanita dan anak.

Dalam kesempatan yang sama  Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Lombok Tengah menyatakan bahwa masalah yang masih harus dituntaskan adalah usia pernikahan dini, jarak kelahiran yang pendek dan jumlah anak banyak serta peningkatan kualitas ibu dan anak.  Selanjutnya Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTB mengajak kepada pasangan usia subur untuk menggunakan kontrasepsi jangka panjang serta pemanfaatan pekarangan sehingga kebutuhan gizi keluarga dapat terpenuhi.. Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan bibit cabai sebanyak 2500 pohon, media informasi budidaya cabai dan makanan pendamping ASI untuk ibu hamil dan Balita kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Dasa Wisma. Adapun KWT yang menerima bibit cabai adalah :

  1. KWT Baru Bangun Desa Pringgarata Kecamatan Pringgarata’
  2. KWT Harapan Baru Desa Barabali Kecamatan Batukliang
  3. KWT Pasir Putih Desa Sintung Kecamatan Pringgarata
  4. KWT Cahaya Desa Pengenjek Kecamatan Jonggat
  5. Dasa Wisma Pengiring Sari Desa Bilebante Kecamatan Pringgarata

Pada akhir acara Road Show dilakukan pembinaan masing-masing kelompok kerja (Pokja). Khusus untuk pokja III yang membidangi pangan, sandang dan perumahan dilakukan pembinaan dalam bentuk bimbingan teknis penanaman bibit cabai menggunakan media pot, polibag dan media lainnya diberikan oleh ketua gerakan tanam cabai BPTP Balitbangtan NTB. Bq. Tri Ratna Erawati, SP.,MSc   kepada anggota kelompok wanita tani dan dasa wisma. Selain oleh BPTP Balitbangtan NTB pembinaan juga diberikan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Perikanan Prov NTB.   Selajutnya Ketua TP PKK provinsi NTB Ny. Hj. Erica Zainul Majdi dalam arahannya mengharapkan kepada seluruh anggota kelompok wanita tani dan dasa wisma untuk memperhatikan secara seksama informasi yang diberikan sehingga dapat dipahami dan disebarluaskan guna mewujudkan generasi yang sehat kuat dan cerdas. (Luh.Gde S Astiti)

Web Analytics