Berita

Dialog Interaktif Sosialisasi Gerakan Tanam Cabe Teintegrasi Dengan Unggasdi Hatinya PKK Di TVRI Mataram

Pin It

Balai Pengkajian teknologi pertanian (BPTP) Balitbangtan NTB merupakan satu unit kerja lingkup Kementerian Pertanian yang mempunyai tugas dan fungsi mendiseminasikan teknologi pertanian melalui media cetakseperti leaflet, poster, majalah Infoteknologi dan media elektronik seperti website maupun siaran TVRI demi mendukung program pembangunan pertanian di NTB.

Salah satu program strategis Kementerian Pertanian adalah gerakannasional tanam cabe di pekarangan rumah tangga. BPTP Balitbangtan NTB sebagai Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pertanian terus melakukan koordinasi dengan Tim Penggerak PKK provinsi NTB dan SKPD terkait sehingga melahirkan gagasan gerakan tanam cabe terintegrasi dengan unggas di halaman yang teratur dan nyaman (TANCABGAS DI HATINYA) PKK.

Publikasidan sosialisasi gerakan “TANCABGAS DI HATINYA PKK”  melalui TVRI dilaksanakan pada Jum`at (29/01/2017) pada acara dialog interaktif yang menghadirkan nara sumber Kepala BPTP Balitbangtan NTB, Wakil Ketua PKK Provinsi NTB, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB dan Kepala Dinas Peternakan Provinsi NTB.

Wakil Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj. Syamsiah Moh.Amin dalam pemaparannya menjelaskan bahwa tujuan TANCAB GAS DI HATINYA PKK adalah untuk membangun ekonomi keluarga dengan memanfaatkan pekarangan rumah tangga sehingga kebutuhan pangan keluarga khususnya tanaman cabe, daging dan telur ayam dapat terpenuhi bahkan dapat membantu peningkatan pendapatan keluarga. PKK akan menggerakan seluruh kadernya di 10 kabupaten/kota di NTB untuk mendukung  TANCAB GAS Di HATINYA PKK.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB Ir. Hj Budi Septiani mengatakan bahwa tanaman cabe merupakan tanaman yang tidak mengenal musim sehingga dapat memenuhi kebutuhan keluarga setiap saat, serta dapat mengatasi saat berkurangnya produksi dan melonjaknya harga cabe. Dinas Ketahanan pengan akan bersinergi dengan TP PKK dalam membina kelompok wanita tani melalui penyediaan benih cabe dan kegiatan pendampingan.

Dalam kesempatan yang sama Kepala BPTP Balitbangtan NTB Dr. Ir. M. Saleh Mokhtar, MP menyampaikan bahwa BPTP Balitbangtan NTB berkewajiban menjalankan program gerakan nasional tanam cabe yang merupakan program strategis Kementerian Pertanian. BPTP Balitbangtan NTB telah menyiapkan berbagai sarana dan SDM untuk mendukung TANCAB GAS DI HATINNYA PKK antara lain penyiapan bibit cabe unggul dan benih sayuran lainnya dan SDM pendamping teknologi, peneliti,  penyuluh, dan teknisi yang nantinya disiapkan dapat membatu sebagai narasumber dalam kegiatan pendampingan teknologi bagi kader PKK dan kelompok PKK.

Lebih lanjut Kepala Dinas Peternakan Drh. H. Aminurrahman, MSi juga menyatakan mendukung gerakan TANCABE GAS DI HATINYA PKK dengan menyiapkan bibit unggas lokal yang akan distribusikan kepada kelompok wanita tani. Program pendampingan yang akan dilakukan melalui pelatihan cara teknolgi budidaya unggas lokal, pemeliharaan kesehatan dan pengolahan hasil.

Pada acara diaolog interaktif para penonton atau masyarakat yang menyaksikan acara ini diberi kesempatan untuk berpartisipasi menyampaikan pertanyaan maupun saran melalui telpon. Semua pertanyaan dan harapan masyarakat dapat dijelaskan dengan baik oleh narasumber. (MF.Matenggomena)

Web Analytics