Berita

Sosialisasi SIMOTANDI (Sistem Informasi Dan Monitoring Pertanaman Padi) Oleh Pusat Data Dan Informasi (PUSDATIN), Kementerian Pertanian Di BPTP Balitbangtan NTB

Pin It

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan kepada peneliti dan penyuluh di BPTP Balitbangtan NTB dalam menjalankan tugas dan tupoksinya, telah diadakan sosialisasi sistem informasi dan monitoring pertanaman padi dengan menggunakan alat Citra Satelit Lansat dengan narasumber Dr. Luthful dari Pusat Data dan Informasi, Setjen Kementan

Sosialisasi ini dilaksanakan di aula BPTP Balitbangtan NTB pada Kamis (26/01/2017) yang dihadiri oleh Kepala BPTP Balitbangtan NTB, Peneliti dan Penyuluh BPTP Balitbangtan NTB.

Dalam Sambutannya Kepala BPTP Balitbangtan NTB Dr.Ir.M. Saleh Mokhtar,MP menyampaikan bahwa sosialisasi SIMOTANDI ini sangat penting untuk menambah pengetahuan peneliti penyuluh dan staf pendukung  dalam menjalankan tugas, dan paham terhadap simulasi yang nantinya disusun serta bagaimana kita menstransfer data dalam rumus yang ada untuk estimasi luas tambah tanam padi pada periode 1-2 bulan ke depan.

Dalam kesempatan yang sama Dr.Luthful menyampaikan sambutannya bahwa terkait dengan tugas tambahan pada program UPSUS Pajalebabesate dari Kementerian Pertanian perlu satu strategi. Salah satu strategi yang digunakan adalah memanfaatkan citra satelit Lansat 8  yang mempunyai manfaat yaitu untuk mengidentifikasi pemetaan lahan dan monitoring produksi dan produktivitas tanaman khususnya padi, kedua manfaatnya ini memerlukan resolusi yang tinggi seperti untuk  lahan sawah, perkebunan, hortikultura, dan infrastruktur. Selain itu juga dipandang perlu untuk mengetahui kondisi pertanaman padi baik dari tingkat desa, kecamatan sampai kabupaten menggunakan citra satelit lansat demikian disampaikan.

Pertemuan Sosialisasi ini dilanjutkan dengan membuat simulasi oleh peneliti dan penyuluh  dan  banyak mendapat respon terutama yang terlibat dalam pengolahan data pertanaman padi. (Nurul Agustini dan M.Faesal Matenggomena)

Web Analytics